Beranda / Bisnis

Ini Daftar Mal di Jakarta yang Dulu Ramai Kini Mati Suri

Terasjakarta.id - Rabu, 26 April 2023 | 14:50 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Mall terpantau sepi pengunjung. (Pinterest)

Mall terpantau sepi pengunjung. (Pinterest)

Penulis : Esil Yulinar
Editor : Esil Yulinar

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Dengan adanya persaingan bisnis yang semakin ketat membuat beberapa mal di Jakarta harus tutup. Sehingga tidak semua mal dapat bertahan lama. Ada juga pusat perbelanjaan di Jakarta yang dulunya hits, namun kini sudah mati suri.

Jika dapat diketahui yang terdaftar dalam kategori yang mati suri saat ini sudah terdapat 5 nama mal di Jakarta, yakni Mal Blok M Square, Mal Pasaraya Manggarai, Mal Pulo Gadung Trade Center (PTC), Mal Mangga Dua Square, dan Mal Plaza Semanggi.

5 mal yang terdaftar tersebut pernah menjadi salah satu tempat favorit bagi masyarakat Jakarta untuk berbelanja, bersantai, dan berkumpul bersama keluarga.

Baca Juga : Katalog Promo Alfamart 26 April 2023, Spesial Lebaran 2023 Promo Susu Bayi

Dilansir dari berbagai sumber, berikut penjelasan terkait 5 mal yang kini mati suri:

1. Mal Blok M Square

Saat ini Mal Blok M terlihat lengang tanpa pengunjung.

Suasana di Mal Blok M saat ini 180 derajat berbeda dengan saat sebelum pandemi 1990-an atau 2000-an. Bahkan banyak tenant Mal Blok M yang sudah tidak beroperasi lagi. Ini bisa dilihat dari roller shutter yang tertutup.

2. Mal Pasaraya Manggarai

Ma Pasaraya Manggarai berdiri sejak tahun 1974. Sejak awal berdirinya, Pasaraya Manggarai telah menjadi pusat perbelanjaan yang populer bagi warga Jakarta.

Kemudian Pasaraya Manggarai perlahan mulai sepi. Banyak tenant ternama yang meninggalkan Pasaraya Manggarai. Alhasil, mal yang dulu ramai kini menjadi sepi.

Baca Juga : Katalog Promo Alfamart 25 April 2023, Spesial Lebaran 2023 Pakai OVO Gopay Lebih Murah

3. Mal Pulo Gadung Trade Center (PTC)

Mal PTC ini adalah sebuah mal besar yang berada di Jakarta Timur yang dulunya menjadi tempat favorit warga dari Pulo Gadung hingga Bekasi. Mal Pulo Gadung Trade Center (PTC) ini didirikan pada tahun 2004 dan memiliki kios sebanyak 1.150 kios.

Namun saat ini hampir semua toko-toko di PTC tutup permanen. Bahkan dengan sepinya pengunjung membuat para tenant meninggalkan Mal PTC tersebut.

4. Mal Mangga Dua Square

World Trand Center (WTC) Mangga Dua kini hening seperti kuburan. Sebuah mal terbesar di Jakarta Utara ini menjual berbagai kebutuhan kepada warga Jakarta. Namun sayangnya, sejak maraknya e-commerce, toko-toko retail berangsur-angsur tutup.

Dengan berubahnya model belanja masyarakat berdampak besar terhadap perkembangan pusat bisnis. Meski demikian, masih terdapat beberapa warga Jakarta yang datang ke Mangga Dua hanya untuk mencari makanan atau minuman.

Baca Juga : Katalog Promo Alfamart 21 April 2023, Spesial Diskon Kebutuhan Dapur Akhir Ramadan

5. Mal Plaza Semanggi

Dulunya Mal Plaza Semanggi ini terkenal di Jakarta. Mal ini didirikan tahun 2000-an dan diresmikan pada tahun 2004 oleh Presiden Megawati Soekarnoputri.

Mal Plaza Semanggi mengalami krisis setelah 10 tahun sukses. Namun sekarang terlihat lengang tanpa pengunjung bahkan kios-kios banyak yang tutup sehingga menyebabkan pengunjung juga meninggalkan mal tersebut.

Demikian 5 daftar mal di Jakarta yang kini mati suri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link