Beranda / Jakarta Raya

Kawal Ketahanan Pangan dan Penghijauan, Puluhan RIbu Bibit Sayuran Akan Ditanam di RPTRA

Selasa, 24 Januari 2023 | 15:50 WIB
SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Pj Gubernur Budi Heru Hartono menanam bibit cabai di RPTRA Duren Sawit, Jakarta Timur, Selasa (24/1/2023). /foto beritajakarta

Pj Gubernur Budi Heru Hartono menanam bibit cabai di RPTRA Duren Sawit, Jakarta Timur, Selasa (24/1/2023). /foto beritajakarta

Penulis : Potan Ahmad
Editor : Potan Ahmad

JAKARTA,TERASJAKARTA.ID - Pemprov DKI Jakarta akan terus mengawal program ketahanan pangan dan penghijauan di Kota Jakarta. Rencana semua ruang terbuka hijau akan ditanami berbagai jenis sayuran yang dapat bermanfaat bagi warga.

Kegiatan yang bekerja sama dengan TNI AD itu diharapkan akan menjadi contoh kepada warga untuk dapat memanfaatkan tanah yang kosong supaya bermanfaat.

Baca Juga : 260 Personel Satpol PP Jakbar Jaga Kawasan Kota Tua dari PKL

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, melakukan penanaman bibit cabai di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Duren Sawit, Kelurahan Duren Sawit, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Selasa (24/1/2023).

Ada sebanyak 10 ribu bibit, terdiri dari 6 ribu bibit cabai dan 4 ribu bibit terong akan dibagikan ke seluruh kecamatan di 6 wilayah DKI Jakarta.

"Sekarang di Kelurahan Duren Sawit, Kecamatan Duren Sawit. Tadi pagi, ibu-ibu PKK Pemprov DKI bersama ibu-ibu jajaran Kostrad telah menyerahkan 10 ribu bibit, yaitu 6 ribu bibit cabai dan 4 ribu bibit terung. Bibit ini langsung dibagikan ke seluruh kecamatan," kata Pj Gubernur Heru, dalam Siaran Pers PPID Pemprov DKI Jakarta.

Baca Juga : Imlek 2023, Nganter Bandeng Orang Betawi Legitimasi Perayaan Imlek

Pj Gubernur Heru berharap, sebagian dari bibit tersebut ditanam di RPTRA Duren Sawit. Diharapkan, bibit-bibit tersebut dapat bertumbuh dengan baik dan hasilnya bisa dinikmati oleh warga sekitar.

Kedepannya kata Pj Gubernur Heru, bibit tersebut akan ditanam di lokasi yang dijadikan taman hasil penataan Kawasan dan tidak hanya ditanam di RPTRA.

Kemudian, bibit tersebut juga akan ditanam oleh petugas penanganan prasarana sarana umum (PPSU) di sejumlah lokasi yang membutuhkan penghijauan.

Baca Juga : Meriahkan Imlek 2023, LRT Gelar Parade Barongsai

"Masing-masing RPTRA berbeda-beda. Ada yang luasnya seperti ini, lebar, bisa memungkinkan menanam tanaman produktif. Ada juga RPTRA yang tidak. Kita lihat saja. Jumat ini saya mau ke Jakarta Selatan, untuk melihat dua hingga tiga titik, saya mau lihat (kondisinya)," jelas Pj Gubernur Heru.

Pj Gubernur Heru menegaskan, penanaman bibit cabai dan terung ini, selain ingin menyukseskan program pemerintah untuk menjaga ketahanan pangan, juga memberikan semangat kepada masyarakat agar giat menanam tanaman produktif di lingkungannya.

"Jadi, narasi yang ingin dibangun adalah, kepada seluruh masyarakat untuk menyukseskan program pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan. Juga, mengajak dan memberikan semangat kepada masyarakat," ungkap Pj Gubernur Heru.

Baca Juga : Polda Metro Jaya Kembali Gelar Street Race di Kemayoran, Bakal Disediakan Ring Tinju

Pj Gubernur Heru berpesan kepada seluruh Wali Kota, Camat dan Lurah untuk menjaga penghijauan di wilayahnya masing-masing.

"Saya titip kepada Pak Wali Kota, Pak Camat, Pak Lurah se-Jakarta, titip ada RPTRA, ada kewajiban teman-teman lurah untuk satu titik satu kelurahan yang perlu dijaga penghijauannya. Dan juga setiap harinya, PPSU bisa mencari titik-titik lokasi, untuk menanam satu titik 10 bibit. Supaya Jakarta lebih hijau," ungkapnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Wali Kota Administrasi Jakarta Timur, M Anwar; Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, Suharini Eliawati; Pj Ketua Tim Penggerak PKK DKI Jakarta, Mirdiyanti; dan Ketua Tim Penggerak PKK Jakarta Timur, Diah Anwar.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

    SHARE
    Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link