Beranda / Jakarta Raya

Pj Gubernur Heru Budi: Imlek Mewarnai Keberagaman yang Menumbuhkan Nilai Sosial dalam Kehidupan Masyarakat

Terasjakarta.id - Senin, 30 Januari 2023 | 13:38 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Pj Gubernur Heru Budi hadir diperayaan Imlek 2023 di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Minggu (29/1/2023). foto beritajakarta.

Pj Gubernur Heru Budi hadir diperayaan Imlek 2023 di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Minggu (29/1/2023). foto beritajakarta.

Penulis : Potan Ahmad
Editor : Potan Ahmad

JAKARTA,TERASJAKARTA.ID - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menghadiri perayaan Tahun Baru Imlek Nasional Tahun 2023/2574 Kongzili di Taman Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Minggu(29/1/2023).

Selain turut dihadiri jajaran Kabinet Indonesia Maju, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono juga tampak hadir mendampingi Jokowi.

Acara ini diinisiasi Yayasan Buddha Tzu Chi, Perhimpunan Indonesia Tionghoa(INTI), Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI), Persatuan Umat Buddha Indonesia (Permabudhi), Perhimpunan Tionghoa Kalbar Indonesia, dan Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI).

Baca Juga : 2.073 Pohon Produktif Telah Ditanam Pada Wilayah Kecamatan Palmerah

Pj Gubernur Heru menyampaikan ucapan selamat merayakan Tahun Baru Imlek kepada seluruh masyarakat yang merayakan di Jakarta.

Menurut Heru Budi, Tahun Baru Imlek sebagai tradisi masyarakat Tionghoa, semakin diterima masyarakat dari berbagai lapisan, serta semakin membudaya, dan membaur dalam keragaman masyarakat Indonesia, khususnya di Jakarta.

"Atas nama pribadi dan mewakili Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, saya mengucapkan selamat Tahun Baru Imlek 2023/2574 Kongzili untuk mewarnai umat Konghucu dan etnis Tionghoa di Jakarta. Tradisi ini menjadi upaya dalam mewarnai keberagaman yang multi etnis, adat istiadat, budaya, dan agama, serta semakin menumbuhkan nilai-nilai sosial dalam kehidupan masyarakat,” ujar Pj Gubernur Heru, dikutip dari Siaran Pers PPID DKI.

Baca Juga : Pj Gubernur Heru Budi Optimis Jakarta Mampu Sukseskan Kekuatan Indonesia di ASEAN 2023

Pj Gubernur Heru juga menjelaskan bahwa perayaan Imlek tahun ini sangat menarik, karena mengusung tema “Bersyukur, Bangkit dan Maju”. Menurutnya, tema ini  membawa pesan kepada masyarakat untuk selalu bersyukur atas nikmat sehat, saling peduli, dan menebarkan cinta kasih.

“Saatnya sekarang kita bisa bangkit bersama mewujudkan Jakarta yang lebih maju dan sejahtera. Semoga seluruh rangkaian acara perayaan ini dapat berlangsung sukses dan menjadi momentum untuk terus menjaga persatuan, kesatuan, serta memperkokoh tali silaturahmi antarsesama,” jelas Pj Gubernur Heru.

“Kita juga ingin menunjukkan bahwa Jakarta adalah tempat yang ramah dan menerima segala bentuk tradisi, budaya yang ada di Indonesia. Sebagai barometer nasional, warga Jakarta telah menunjukkan bahwa keragaman dalam keberagaman adalah hal yang mutlak yang harus diwujudkan. Salah satunya dengan terselenggaranya perayaan Imlek Nasional tahun ini," tambahnya.

Baca Juga : Pendaftaran Kartu Prakerja 2023 Belum Dibuka, Waspada Penipuan!

Perlu diketahui, kegiatan ini juga mendukung program pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) kuliner dengan melibatkan lebih dari 700 UMKM kuliner yang berada di DKI Jakarta dan sekitarnya.

Kegiatan disemarakkan dengan Panggung Budaya Imlek yang menyajikan pentas berbagai kesenian dan kebudayaan Tionghoa yang telah berakulturasi dengan budaya setempat, dan telah menjadi bagian dari budaya nusantara.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link