Beranda / Jakarta Raya

21 Siswa SMKN 61 Jakarta Sah Jadi Bantara Pramuka, Ingat Selalu Dasa Dharma

Terasjakarta.id - Jumat, 3 Februari 2023 | 09:00 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
21 Siswa SMKN 61 Jakarta anggota Pramuka saat pelantikan menjadi Bantara di di Buper hutan Pulau Tidung, Kepulauan Seribu pada Minggu (30/1/2023) lalu. (terasjakarta.id/ist)

21 Siswa SMKN 61 Jakarta anggota Pramuka saat pelantikan menjadi Bantara di di Buper hutan Pulau Tidung, Kepulauan Seribu pada Minggu (30/1/2023) lalu. (terasjakarta.id/ist)

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID – Sebanyak 21 siswa SMKN 61 Jakarta dilantik menjadi Bantara Pramuka.

Pengesahan kenaikan tingkatan Pramuka bagi siswa SMKN 61 Jakarta ini dilakukan melalui giat perkemahan Jumat dan Sabtu di Buper hutan Pulau Tidung, Kepulauan Seribu pada Minggu (30/1/2023) lalu.

Puluhan siswa SMKN 61 Jakarta tersebut dinyatakan sah menjadi Bantara setelah dinilai komitmen dalam mengikuti gerakan Pramuka selama berada ditingkatan penegak.

Dalam keterangan tertulis yang diterima terasjakarta.id, Kamis (2/2/2023), pengesahan 21 siswa SMKN 61 Jakarta dilakukan Kak Khairus Saleh yang didampingi Ketua Gugus Depan Putra, Kak Tri Setiawan dan Ketua Gugus Depan Putri, Kak Vivin, serta pembina lainnya.

Dalam pesannya Kak Khairus Saleh berharap para siswa SMKN 61 Jakarta yang dilantik menjadi Pramuka Bantara dapat menjaga komitmennya dalam berkegiatan kepramukaan.

 

Serta menjadi yang terdepan dalam berbagai kegiatan apapun dan di mana pun. Baik di sekolah maupun di lingkungan sosial kemasyarakatan.

“Lakukan semua kegiatan yang positif yang berdasarkan nilai-nila Dasa Dharma Pramuka sebagai landasan sikap dan kode kehormatan yang harus ditaati setiap anggota Pramuka,” tandasnya.

Sekedar diketahui Dasa Dharma yang harus dipegang teguh setiap anggota Pramuka berasal dari dua kata yakni dasa yang berarti sepuluh dan darma yang berarti tuntunan.

10 tuntutan yang tertuang dalam Dasa Dharma wajib dipahami setiap anggota baret coklat ini.

Baca Juga : Tempat Pembentukan Karakter Usia Dini Itu Bernama Gerakan Pramuka

Di mana dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 di pasal 6 tercantum kode kehormatan yang salah satunya merupakan Dasa Dharma yang diterapkan sesuai golongan usia dan perkembangan jasmani dan rohani setiap anggota.

Yaitu untuk tingkatan penggalang usia 11-15 tahun, penegak usia 16-20 tahun, dan pandega di usia 21-25 tahun.

Takwa dan Jiwa Patriot Isi Dasa Dharma Pramuka

Selain memiliki jiwa patriot dalam Dasa Dharma juga menuntun setiap anggota untuk memiliki ketakwaan terhadap Tuhan YME.

Berikut isi 10 tuntutan yang wajib ditaati setiap anggota Pramuka :

  1. Takwa kepada Tuhan yang Maha Esa
  2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia
  3. Patriot yang sopan dan ksatria
  4. Patuh dan suka bermusyawarah
  5. Rela menolong dan tabah
  6. Rajin, terampil, dan gembira
  7. Hemat, cermat, dan bersahaja
  8. Disiplin, berani, dan setia
  9. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya
  10. Suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan

Sejarah Kegiatan Kepramukaan di Indonesia

Seperti diketahui kegiatan kepramukaan merupakan kegiatan di luar sekolah yang melatih pembetukan karakter sejak usia dini.

Dalam kegiatan kepramukaan, peserta didik tidak hanya dilatih keterampilan, tetapi juga dilatih untuk melahirkan dan menumbuhkan sikap-sikap serta perbuatan-perbuatan yang baik yang akan membentuk karakter.

Dalam tulisannya, Baden-Powell, Bapak Pandu Sedunia menyebutkan bahwa “The end is CHARACTER– character with a purpose. And that purpose, that the next generation be sane in an insane world” (Tujuan akhirnya adalah karakter. Karakter dengan tujuan. Dan tujuan itu adalah generasi mendatang tetap waras di jaman edan.

Sedangkan dalam buku Sejarah Pramuka Indonesia dan Cikal Bakal Jambore Nasional oleh Toto Sugiarto, gerakan Pramuka diresmikan pada 14 Agustus 1961. Peristiwa bersejarah itu kemudian menjadi titik mulai kelahiran Pramuka di Indonesia.

Adapun dari 21 siswa SMKN 61 Jakarta yang dilantik terdiri dari 11 siswa, 10 siswi dan dan Dewan Ambalan SMKN 61 Jakarta sebagai Sangga Kerja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link