Beranda / Jakarta Raya

Seluruh Kota dan Kabupaten DKI Jakarta Bawa Pulang Penghargaan Adipura 2022

Terasjakarta.id - Selasa, 28 Februari 2023 | 22:00 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Adipura 2022 disabet DKI Jakarta (Dok Pemprov DKI Jakarta)

Adipura 2022 disabet DKI Jakarta (Dok Pemprov DKI Jakarta)

Penulis : Hartawan
Editor : Hartawan

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Seluruh kota dan kabupaten di Provinsi DKI Jakarta bawa pulang penghargaan Adipura 2022.

Penghargaan yang terdiri dari empat piala, dua sertifikat dan satu plakat diserahkan wali kota dan bupati kepada Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono.

Dalam sambutannya, Heru langsung mengucapkan selamat kepada para wali kota dan bupati.

Ia juga meminta Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta agar dapat mempertahankan kembali Piala Adipura.

Baca Juga : PLN UID Jakarta Raya Resmikan Sistem Tata Kelola MRWI Gudang Online untuk Efisiensi Biaya

"Saya minta para wali kota dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta dapat mempertahankan kembali Piala Adipura, khususnya Jakarta Pusat yang terus mendapat penghargaan ini tanpa putus," ujar Heru.

Pj Gubernur DKI Jakarta juga meminta Dinas Lingkungan Hidup agar membantu fasilitas prasarana dan sarana di wilayah kota dan kabupaten, saat digelar penilaian Piala Adipura pada Mei hingga Juni 2023.

"Saya minta Dinas LH DKI Jakarta menurunkan seluruh sumber daya untuk membantu wilayah kota yang sedang dilakukan penilaian. Begitu pula wilayah lain juga turut membantu kota secara bergiliran," katanya dikutip dari laman resmi Pemprov DKI Jakarta.

Sementara itu, Kepala Dinas LH DKI Jakarta Asep Kuswanto mengungkapkan, peningkatan penghargaan Adipura yang diraih Provinsi DKI Jakarta menjadi salah satu bukti keseriusan semua pihak dalam menggarap isu lingkungan hidup dan pengelolaan sampah dalam kewenangan masing-masing.

Baca Juga : Satpol PP Jakpus Angkut Lapak PKL di Gambir, Respon Aduan Masyarakat

Seperti implementasi Pergub 77 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Sampah Lingkup Rukun Warga yang menjadi tonggak berdirinya Bidang Pengelolaan Sampah (BPS) di setiap RW.

"Inilah yang melakukan pengurangan dan pemilahan sampah di sumber dengan sistematika pengangkutan terjadwal dan terpilah dan membangun bank sampah untuk mengelola material daur ulang, pengolahan sampah organik melalui komposting, biokonversi maggot BSF, dan eco-enzyme," sambungnya..

Ia memaparkan, Pemprov DKI Jakarta juga terus berupaya melakukan pengelolaan sampah secara terpadu mulai dari hulu, tengah, sampai ke hilir.

Pada bagian hulu, Asep menyebut Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengajak masyarakat agar melakukan pengurangan sampah sejak dari rumah tangga dan pendampingan BPS RW.

Baca Juga : Jadwal Ganjil Genap Jakarta 28 Februari 2023

Di bagian tengah, dilakukan peningkatan fungsi TPS menjadi TPS 3R di berbagai lokasi agar sampah dapat diolah dan diminimalkan sebelum residu diangkut ke TPST Bantar Gebang.

Sedangkan di bagian hilir dilakukan program optimalisasi TPST Bantar Gebang, seperti pembangunan Landfill Mining, RDF Plant, dan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa).

"Untuk melengkapi seluruhnya, gerakan Jakarta Sadar Sampah dan Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB) Lingkungan dibentuk sebagai wadah edukasi kepada masyarakat dan sinergi dengan berbagai pihak untuk membentuk paradigma pengelolaan sampah yang ramah lingkungan," ucapnya.  

Sekadar diketahui Provinsi DKI Jakarta meraih penghargaan di seluruh kota dan kabupaten dengan rincian empat Anugerah Adipura, dua Sertifikat Adipura, dan satu Plakat Adipura.

Baca Juga : Prakiraan Cuaca Jakarta 28 Februari 2023, Hujan Turun Hampir Seharian

Anugerah Adipura diterima Kota Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, dan Jakarta Selatan,

Dua sertifikat Adipura diterima oleh Kota Jakarta Utara dan Kabupaten Kepulauan Seribu, sedangkan Plakat Adipura diterima  Jakarta Selatan dengan Tebet Eco Park-nya sebagai Taman Kota Terbaik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link