Beranda / Jakarta Raya

Formula E 2024 Digelar di Jalan Sudirman, PSI Pertanyakan Sirkuit Ancol

Terasjakarta.id - Kamis, 16 Maret 2023 | 14:00 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Ilustrasi balapan Formula E Jakarta 2024 yang diwacanakan akan digelar di jalan Sudirman. (Foto: ist)

Ilustrasi balapan Formula E Jakarta 2024 yang diwacanakan akan digelar di jalan Sudirman. (Foto: ist)

Penulis : Adinda Salsabila
Editor : Adinda Salsabila

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Anthony Winza Prabowo menyebut bahwa rencana Formula E Jakarta 2024 yang akan digelar di kawasan Sudirman untuk dikaji ulang.

Menurut Anthony, apabila Formula E Jakarta 2024 digelar di kawasan Sudirman, maka dapat berdampak pada sektor ekonomi.

Anthonya mengatakan bahwa kawasan Sudirman merupakan pusat ekonomi, apabila jadwal Formula E Jakarta 2024 yang nantinya akan digelar di kawasan tersebut dan bentrok dengan jadwal bisnis sehari-hari, maka akan menimbulkan kemacetan.

Baca Juga : PAN Bakal Tolak Formula E Jakarta 2024 jika Modalnya Pakai APBD

Sehingga, berhentinya lalu lintas di sektor ekonomi juga akan berdampak pada ekonomi itu sendiri jika Formula E Jakarta 2024 digelar.

Oleh sebab itu, Anthony tidak menyarankan Formula E Jakarta 2024 untuk digelar di Sudirman.

"Saya nggak menyarankan atau melihat di Sudirman jadi tempat yang cocok untuk Formula E, kecuali kalau sudah ada kajian ekonominya dilakukan di jam atau di hari libur, car free day, dan sebagainya," tutur Anthony dalam keterangannya.

"Mungkin saja masih make sense, tapi sekali lagi harus ada kajian dan Ancol (sirkuit) yang dibuat itu gimana?" sambungnya.

Baca Juga : Bobby Nasution Pilih Mundur dari Wakil Ketua SC Formula E, Apa Alasannya?

Diketahui, PT Jakpro telah melakukan renegosiasi dengan pihak Formula E Operation (FEO) yang menghasilkan kesepakatan bahwa Formula E Jakarta akan dilaksanakan selama tiga tahun mulai 2022 hingga 2024.

Gelaran pertama telah dilaksanakan pada Juni 2022 dan kini tersisa dua tahun perhelatan.

Dalam hal tersebut Anthony menilai Jakarta sudah memiliki sirkuit balapan khusus Formula E yang dibangun di Ancol, Jakarta Utara, terlebih Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) dibangun dengan anggaran yang fantastis.

Baca Juga : Prasetyo Edi dan Bobby Nasution Jadi Panitia Formula E 2023, Bamsoet: Mudah-mudahan Tak Galak Lagi

Formula E Jakarta 2024 Diwacanakan Tak Digelar di Ancol

Sebelum pernyataan terkait kawasan Sudirman yang direncanakan akan digunakan sebagai sirkuit, Ketua Steering Committee (SC) Formula Jakarta 2023, Bambang Soesatyo mengatakan kemungkinan ajang Formula E Jakarta 2024 mendatang tak akan digelar di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara.

Bambang Soesatyo menyebut bahwa pihaknya akan mengadakan balap di street sirkuit pada 2024.

Dalam pernyatannya, Bambang Soesatyo bersama Alberto dan gubernur DKI Jakarta kemungkinan besar akan menggunakan street sirkuit dalam kota agar lebih menarik.

Selain itu, Bambang Soesatyo juga mengatakan negosiasi antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, panitia penyelenggara, dan Formula E Operation (FEO) selaku penyelenggara global berjalan dengan lancar.

Baca Juga : Jakpro Dekati BUMN untuk Jadi Sponsor Formula E 2023

Bahkan, Bambang Soesatyo menyebut mereka berencana untuk memperpanjang kontrak hingga 2030.

Kendati demikian, Bambang Soesatyo belum dapat merinci street sirkuit mana saja yang akan digunakan untuk pelaksanaan Formula E Jakarta 2024.

Namun, Bambang Soesatyo berujar depan Balai Kota hingga jalanan di kawasan Sudirman bisa dijadikan street sirkuit untuk ajang Formula E Jakarta 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link