Beranda / Jakarta Raya

Pj Gubernur Heru Budi Sidak Pasar Induk Beras Cipinang, Stok Aman dan Harga Terkendali

Terasjakarta.id - Jumat, 17 Maret 2023 | 13:57 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono kunjungi Pasar Induk Beras Cipinang untuk memastikan stok dan harga pangan tetap aman dan terkendali. (ist)

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono kunjungi Pasar Induk Beras Cipinang untuk memastikan stok dan harga pangan tetap aman dan terkendali. (ist)

Penulis : Riza Alamas
Editor : Riza Alamas

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID-- Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Heru Budi Hartono melakukan kunjungan ke Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) di Jakarta Timur pada Jumat (17/8) untuk memastikan ketersediaan pangan di Jakarta menjelang bulan Ramadan 2023.

Dalam kunjungan Heru Budi ke Pasar Induk Beras Cipinang, ia juga melepas beberapa kendaraan yang membawa sembako ke lokasi-lokasi yang dibutuhkan oleh masyarakat, seperti ke kelurahan-kelurahan, Polda Metro, dan Kodam.

Kendaraan tersebut membawa berbagai jenis sembako seperti beras satu ton, beras premium 100 kilogram, gula pasir, tepung terigu, minyak goreng, telur ayam, dan minyak goreng premium.

Baca Juga : Heru Budi Minta Jajarannya Waspadai Resesi 2023: Siapkan Jaring Pengamanan Sosial

Selain mengunjungi Pasar Induk Beras Cipinang, Heru Budi juga meninjau lokasi pendistribusian pangan murah bagi pemegang Kartu Jakarta Pintar atau KJP.

Hal ini dilakukan Heru Budi untuk memastikan para penerima manfaat mendapatkan haknya seperti ayam, daging, telur, ikan, termasuk susu dan beras.

Heru Budi mengatakan bahwa Pemprov DKI Jakarta bersama-sama mengendalikan inflasi dan memberikan sembako kepada masyarakat serta memastikan semua di lapangan ada menjelang memasuki bulan Ramadhan 2023.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Badan Pangan Nasional, Arief Prasetyo Adi memberikan apresiasi terhadap siklus pangan Jakarta yang dapat tertata dengan baik dari hulu hingga ke hilir.

Baca Juga : Eks PJLP DKI yang Dipecat Heru Budi karena Faktor Usia Tuntut Keluarganya Dipekerjakan

Arief Prasetyo Adi menganggap hal tersebut sebagai salah satu yang terbaik di Indonesia sehingga layak menjadi role model.

Di Pasar Induk Beras Cipinang, stok beras saat ini mencapai 19-20 ribu ton dan diperkirakan akan terus bertambah hingga mencapai 30 ribu ton dalam waktu dekat.

Harga beras juga terkendali dengan harga beras medium yang ditentukan pada Rp 10.100 dan premium pada Rp 13.900, masih di bawah Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan sebelumnya.

Baca Juga : Heru Budi Copot Muhammad Kamaluddin dari Jabatan Dirut JakLinko

Menurut Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya, Pamrihadi Wiraryo, harga beras mengalami penurunan sekitar 1-1,5 persen dibandingkan dengan tiga minggu lalu.

Pamrihadi juga mengatakan bahwa Bapanas sudah menentukan harga floor price atau Harga Eceran Terendah dan HET untuk gabah kering panen yang baru.

Pamrihadi memperkirakan akan ada yang masuk panen di bulan Maret-April, sehingga harga tersebut akan terkendali dan harga beras juga akan terkendali.

Kunjungan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan Kepala BPN Arief Prasetyo ke Pasar Induk Beras Cipinang merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memastikan ketersediaan dan harga pangan yang terjangkau bagi masyarakat, khususnya menjelang bulan Ramadan 2023.

Baca Juga : Heru Budi Tolak Kendaraan Dinas Mobil Listrik, Cukup Innova Saja

Semoga kunjungan Heru Budi ke Pasar Induk Beras Cipinang bersama Kepala Badan Pangan Nasional, Arief Prasetyo Adi dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Jakarta dalam menyambut bulan Ramadhan 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link