Beranda / Jakarta Raya

Tertutup Awan, Hilal Ramadan Tak Tampak di Pulau Tidung

Terasjakarta.id - Rabu, 22 Maret 2023 | 20:05 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Berdasarkan pemantauan hilal di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, hilal tak terlihat dikarenakan tertutup awal tebal. (ist)

Berdasarkan pemantauan hilal di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, hilal tak terlihat dikarenakan tertutup awal tebal. (ist)

Penulis : Cahyono
Editor : Cahyono

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Tim Falakiyah Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta atau Jakarta Islamic Centre melakukan Rukyatul Hilal di Pantai Sunset Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, Rabu 22 Maret 2023. 

Berdasarkan pemantauan hilal, Kepala Sub Divisi Pendidikan dan Pelatihan PPIJ mengatakan, hilal tak terlihat di Pulau Tidung dikarenakan tertutup awal tebal. 

Hasil ini sudah dilaporkan ke sidang Isbat Kementerian Agama RI malam ini sebagai bagian dari bahan dan informasi untuk diputuskan dalam Sidang Isbat.

Baca Juga : Niat Keramas Sebelum Puasa Ramadan, Simak Tata Caranya!

"Kami telah melaksanakan tugas untuk pemantauan hilal dengan semaksimal mungkin, namun karena kondisi cuaca dengan awal yang cukup tebal sehingga hilal Ramadhan hari ini tidak bisa terlihat" ujarnya.

Rukyatul Hilal yang setiap tahunnya dilaksanakan Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta atau Jakarta Islamic Centre dalam rangka memberikan edukasi. Serta sebagai bentuk pertanggung jawaban JIC kepada masyarakat yang mana JIC sebagai Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam.

Tim Falakiyah PPIJ terdiri dari 10 orang lengkap dengan peralatan teleskop iOptron yang cukup canggih untuk bisa memantau hilal, dan didukung penuh oleh Kementerian Agama Kepulauan Seribu.

Pemerintah Tetapkan 1 Ramadan Kamis 23 Maret 2023

Baca Juga : Jadwal Imsakiyah Ramadan 2023 Hari Pertama, Cek Disini

Berdasarkan sidang Isbat, pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) resmi menetapkan 1 Ramadan 1443 Hijriah pada Kamis, 23 Maret 2023.

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan umat muslim di Indonesia sudah dapat melaksanakan ibadah puasa pada hari Kamis 23 Maret 2023.

"1 Ramadhan 1444 hijriah jatuh Kamis 23 Maret 2023 Masehi"kata Menag Yaqut Cholil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link