Beranda / Jakarta Raya

Kendaraan Listrik Serap Tenaga Kerja di Kampung Wisata Setu Babakan

Terasjakarta.id - Sabtu, 1 April 2023 | 11:32 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Kendaraan listrik berupa buggy car hadir di Kampung Wisata Budaya Betawi Setu Babakan. (pln)

Kendaraan listrik berupa buggy car hadir di Kampung Wisata Budaya Betawi Setu Babakan. (pln)

Penulis : Cahyono
Editor : Cahyono

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Kendaraan listrik berupa buggy car hadir di Kampung Wisata Budaya Betawi Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan. 

Dengan hadirnya kendaraan listrik yang diberi nama Mobil Wara Wiri dan sepeda listrik di Kampung Wisata Budaya Betawi Setu Babakan ini menyerap tenaga kerja sebanyak 5 orang yang berasal dari masyarakat sekitar.

Mobil Wara-wiri dan sepeda listrik menjadi wahana baru sebagai sumber pendapatan tambahan di Setu Babakan. 

Baca Juga : Buruan Daftar! PT PLN Buka Mudik Gratis Kuota 10 Ribu Penumpang

“Dibukanya wahana kendaraan listrik ini, kami mempekerjakan 1 petugas loket serta 4 supir Wara-wiri, alhamdulillah bisa menyerap tenaga warga sekitar,” kata Sadeli, Ketua Pokdarwis Setu Babakan. 

Sadeli mengungkapkan sejak diresmikan pada Januari 2023 lalu, minat masyarakat mencoba wahana baru Mobil Listrik Wara-wiri dan sepeda listrik kian besar.

Kampung Wisata Setu Babakan kini ramai dipadati pengunjung diakhir pekan hari Sabtu dan Minggu. 

Dalam sebulan tercatat rata-rata 70 transaksi penyewaan Mobil Listrik Wara-wiri dan sepeda listrik di Kampung Wisata Setu Babakan. 

Baca Juga : PLN Siagakan 2.148 Personil Selama Ramadan 2023, Jaga Keandalan Listrik

Pengunjung Kawasan Wisata Setu Babakan yang dulunya berjalan kaki, kini dapat menikmati pengalaman baru mengendarai kendaraan listrik buggy car Wari-wiri atau sepeda listrik untuk berkeliling sambil menikmati pemandangan asri nan hijau. 

Kendaraan listrik sebagai wahana baru di Kampung Wisata Setu Babakan merupakan kolaborasi antara PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Perkampungan Budaya Betawi. 

Selain sebagai bentuk kampanye untuk pengurangan emisi gas, program ini merupakan upaya mewujudkan pembangunan pariwisata yang berkelanjutan. 

Baca Juga : PLN Sukses Kawal Konser BLACKPINK di GBK, Beri Pasokan Listrik Tanpa Kedip 

Tiket Wara-wiri dibanderol seharga Rp75 ribu untuk rute menuju Kampung Ismail Marzuki, sedangkan untuk sewa sepeda listrik dibanderol Rp20 ribu per jam. 

"Ada wahana baru mobil Wara-wiri lumayan ya jadi tidak capek, udah gitu mobilnya enak tidak ada asap padahal kebuka gini, tidak ada suara juga," kata Eti Rohayah, salah satu pengunjung Setu Babakan. 

"Komitmen PLN yaitu mendukung pembangunan berkelanjutan baik dari sisi lingkungan maupun ekonomi, dalam hal ini PLN mendukung upaya pelestarian alam dan pengembangan ekonomi warga dan masyarakat di sekitar Kampung Wisata Setu Babakan," ujar General Manager PLN UID Jakarta Raya Doddy B. Pangaribuan. 

Baca Juga : PLN Sukses Kawal Konser BLACKPINK di GBK, Beri Pasokan Listrik Tanpa Kedip 

Dukungan PLN UID Jakarta Raya terhadap kendaraan listrik juga diwujudkan dalam penyediaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di 29 titik di Jakarta dengan total 41 charger.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link