Beranda / Jakarta Raya

Jaga Kebersihan di Aksi Buruh May Day 2023, DLH DKI Terjunkan 350 Petugas dan 17 Dump Truck Sampah

Terasjakarta.id - Senin, 1 Mei 2023 | 19:03 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
DLH DKI Jakarta menerjunkan 350 Petugas untuk menjaga kebersihan di lokasi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day 2023. (Foto: PPID)

DLH DKI Jakarta menerjunkan 350 Petugas untuk menjaga kebersihan di lokasi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day 2023. (Foto: PPID)

Penulis : Cahyono
Editor : Cahyono

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta menerjunkan 350 Petugas dan 17 Dump Truck untuk membersihkan sampah di lokasi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day 2023.

Adapun Hari Buruh Internasional diperingati hari ini, Senin, 1 Mei 2023 di sejumlah titik lokasi di Jakarta.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto mengatakan, untuk menjaga kebersihan pada aksi buruh May Day 2023, pihaknya menugaskan tiap Suku Dinas LH di tiap masing-masing kota administrasi.

Baca Juga : Di Hari Buruh 2023, Jokowi Bertekad Kurangi Angka Pengangguran

Petugas DLH DKI, ditugaskan bersiaga sejak sebelum hingga selesainya aksi buruh.

“Begitu usai aksi buruh, kami langsung bergerak membersihkan di semua wilayah. Untuk itu kami telah berkoordinasi dengan semua pihak terkait hingga level kelurahan,” kata Asep pada Senin 1 Mei 2023.

Adapun titik yang menjadi fokus DLH DKI saat aksi buruh yakni di Jalan Medan Merdeka Utara, sekitar Gelora Bung Karno (GBK), Gedung MPR/DPR, dan GOR Rawa Badak.

Untuk di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat dan sekitarnya yang merupakan pusat dilakukan aksi buruh, DLH DKI mengerahkan sebanyak 150 petugas kebersihan, 10 street sweeper atau mobil penyapu jalan otomatis, 10 truk sampah jenis dump truck, dan 5 pick up lintas.

Baca Juga : Buruh dan Ojol Akan Deklarasi Dukung Anies Baswedan, Difasilitasi PKS

Sementara itu, pada aksi buruh di sekitar GBK dan Gedung MPR/DPR, Dinas Lingkungan Hidup DKI mengerahkan 100 petugas kebersihan, 5 dump truck, 12 pick up lintas, dan 4 street sweeper.

“Sudin Lingkungan Hidup Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan berbagi tugas menanganinya bersama petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) kelurahan terkait,” tambah Asep.

Sedangkan acara peringatan Hari Buruh Internasional di Jakarta Utara digelar di GOR Rawa Badak, Sudin Lingkungan Hidup Jakarta Utara mengerahkan 100 petugas kebersihan dan armada berupa 2 truk sampah jenis dump truck besar, 5 pick up lintas, 3 unit bus toilet, 1 tangki air bersih, 1 tangki air kotor, dan 3 gerobak motor untuk melakukan penanganan sampah.

Baca Juga : Aksi May Day 2023: Ribuan Buruh Dilarang Gelar Demo Depan Istana Negara, Bertolak ke Istora Senayan

Di samping itu, sebagai upaya menjaga bumi, Dinas Lingkungan Hidup DKI juga mengadakan uji emisi gratis untuk kendaraan berbahan bakar solar dan bensin, sosialisasi peraturan lingkungan yang berkaitan dengan perusahaan, konsultasi pengelolaan limbah B3 industri, dan pembagian bibit pohon di GOR Rawa Badak.

Pemprov DKI Jakarta juga mengharapkan partisipasi masyarakat dalam menjaga lingkungan sekitar, seperti meminimalisir menghasilkan sampah dengan membawa peralatan makan/minum sendiri dan membuang sampah di tempat yang disediakan.

Dengan demikian kebersihan kota terus bisa diupayakan sehingga menambah kenyaman masyarakat dan kelestarian bumi tetap terjaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link