Beranda / Jakarta Raya

Antisipasi Macet saat Formula E, Polda Metro Siapkan Rekayasa Lalu Lintas di Sekitar Ancol

Terasjakarta.id - Jumat, 2 Juni 2023 | 20:36 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Polda Metro Jaya siapkan rekayasa lalu lintas saat gelaran Formula E di Ancol. (foto: cahyono/terasjakarta.id)

Polda Metro Jaya siapkan rekayasa lalu lintas saat gelaran Formula E di Ancol. (foto: cahyono/terasjakarta.id)

Penulis : Cahyono
Editor : Cahyono

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Polda Metro Jaya bakal lakukan rekayasa lalu lintas saat pagelaran Formula E Jakarta 2023 di Ancol, Jakarta Utara.

Untuk mengantisipasi kemacetan saat Formula E, Polda Metro Jaya siapkan rekayasa lalu lintas di sekitar Ancol. 

Adapun, Formula E Jakarta 2023, bakal digelar di sirkuit Ancol pada Sabtu dan Minggu, 3-4 Juni 2023. 

Baca Juga : Tiket Formula E Jakarta Seharga Rp20 Juta Ludes Terjual, Dapat Fasilitas Apa Saja?

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman menjelaskan, pihaknya menyiapkan tiga skenario lalu lintas sesuai situasi di lapangan.

Skenario Pertama disebut kategori hijau, yakni ketika kendaraan yang masuk masih tertampung di dalam kawasan Ancol. 

Lalu skenario kedua, kategori kuning saat kantong parkir di dalam Ancol sudah penuh namun antrean kendaraan masih mengular sekitar 100-500 meter. 

Jika begitu maka dilakukan pengalihan arus di setiap pintu masuk Ancol, Jembatan Hailay, traffic light Bintang Mas, traffic light Pasir Putih, dan jembatan PLTU arah ke Pintu Karnaval.

Baca Juga : Perwakilan Pembalap Formula E Jakarta 2023 Pungut Sampah di Pantai Ancol

Kemudian parkir akan diarahkan ke kantong parkir cadangan di sekitar Kemayoran. 

Lalu yang ketiga kategori merah saat semua kantong parkir di Ancol sudah penuh dan sebagian jalan di dalam kawasan Ancol sudah dijadikan lokasi parkir namun masih ada antrean menumpuk di pintu masuk.

Selain itu, kantong parkir cadangan di luar kawasan Ancol sudah penuh mengakibatkan Jalan Lodan Raya, RE Martadinata macet dengan radius kemacetan 1 km. 

Baca Juga : Keunggulan Mobil Formula E GEN3 Jelang Jakarta E-Prix 2023

"Apabila terjadi kondisi kategori merah, Polda Metro Jaya akan mengalihkan arus lalu lintas di setiap pintu masuk Ancol, perempatan Parangtritis, Jembatan Hailay, traffic light Bintang Mas, traffic light Mangga Dua, traffic light Pasir Putih, Jembatan Goyang, dan Jembatan PLTU arah Pintu Karnaval," kata Latif dalam keterangannya pada Jumat, 2 Juni 2023.

Sementara untuk kendaraan dari arah Penjaringan akan dialihkan di perempatan Parangtritis lalu belok kanan kembali ke Penjaringan atau Kampung Bandan arah Taman Sari.

"Dari arah Gunung Sahari dialihkan ke kiri ke Jalan Mangga Dua Raya, Jakarta Pusat. Dari arah Kemayoran, putar balik di Bundaran Kemayoran atau masuk ke Tol Kemayoran, atau ke Kampung Pademangan Timur," kata dia.

Selain itu, Polda Metro juga akan mengalihkan arus lalu lintas di dalam tol, yakni kendaraan dari arah Bandara Soekarno-Hatta yang akan keluar Gerbang Ancol Barat, Kemayoran, atau Ancol Timur dialihkan untuk keluar gerbang tol lain.

Baca Juga : Sambut Formula E Jakarta 2023, Panitia Bakal Gelar Parade di CFD, Ada Kompetisi Esport Juga

"Kendaraan diarahkan keluar Tol Tanjung Priok, Jalan Yos Sudarso, Jalan Enggano, RE Martadinata atau pos enam, putar balik masuk GT Tanjung Priok 2, atau putar balik depan Mapolres masuk GT Kebon Bawang," jelas Latif. "Dari Cawang-Tanjung Priok diarahkan keluar Tol Gedong Songo, kemudian ke Lodan Raya kembali," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link