Beranda / Jakarta Raya

Pasar Kwitang Dibangun dengan Anggaran Rp15 Miliar, Rampung Akhir Tahun Ini

Terasjakarta.id - Kamis, 8 Juni 2023 | 20:11 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Pasar Kwitang dibangun dengan anggaran Rp15 miliar. (foto: ppid)

Pasar Kwitang dibangun dengan anggaran Rp15 miliar. (foto: ppid)

Penulis : Cahyono
Editor : Cahyono

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memulai pembangunan Pasar Kwitang Dalam, Kelurahan Kwitang, Senen, Jakarta Pusat.

Adapun, Pasar Kwitang dibangun dengan anggaran sebesar Rp15 miliar.

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan, pembangunan Pasar Kwitang Dalam ditargetkan rampung diakhir tahun 2023.

Sehingga, awal tahun 2024 dapat dioperasikan kembali.

Baca Juga : Harga Bawang Putih Tembus Rp50 Ribu per Kilogram, Tertinggi di Pasar Koja

"Hari ini kita memulai groundbreaking Pasar Kwitang Dalam yang menandakan bahwa berikutnya ada pasar-pasar lain yang akan direvitalisasi. Ini menjadi tugas Perumda Pasar Jaya bahwa semua pasar yang dikelola oleh Perumda Pasar Jaya harus bagus dan harus bersih, karena terletak di Ibu Kota," ujar Heru Budi saat groundbreaking pembangunan Pasar kwitang Dalam pada Kamis, 8 Juni 2023.

Heru berpesan agar pedagang dapat menjaga kebersihan dan ketertiban pasar.

Sehingga, kegiatan pasar dapat berjalan dengan lancar dan membuat nyaman para pengunjung.

“Saya titip kepada seluruh pedagang yang berada di kawasan Perumda Pasar Jaya untuk menjaga kebersihan bersama-sama, menjaga keamanan, dan tetap tertib. Ruang yang sudah diberikan itu dirawat, itu juga yang mendorong para pembeli tetap ke pasar,” tutur Heru.

Baca Juga : Tukang Nasi Uduk Bobol Rumah Kosong di Pasar Minggu, MacBook hingga Berlian Digasak Pelaku

Sementara itu, Direktur Utama Perumda Pasar Jaya Tri Prasetyo mengharapkan, pembangunan Pasar Kwitang Dalam ini, selain dapat memberikan manfaat untuk masyarakat sekitar dan mendukung pertumbuhan perekonomian di Jakarta.

Selain itu, diharapkan Pasar Kwitang dapat menjadi ikon baru sebagai karya untuk Jakarta.

“Groundbreaking ini diharapkan dapat berjalan dengan lancar dan tepat waktu, sehingga nantinya bangunan baru tersebut akan bermanfaat untuk masyarakat sekitar dan ikut serta dalam penataan Kota Jakarta yang lebih baik,” kata Tri.

Baca Juga : Viral! Ditagih Pesanan, Penjual Pakaian di Pasar Gedebage Todongkan Pisau ke Pembeli Wanita

Ia menjelaskan, Pasar Kwitang Dalam ini berdiri di atas lahan seluas 1.190 meter persegi dan direncanakan akan dibangun dua lantai dengan total 156 tempat usaha, terdiri dari 93 kios dan 63 los.
Pasar Kwitang Dalam juga akan memiliki fasilitas berupa tempat parkir mobil dan motor, toilet, ruang ibadah, kantor pasar, dan dilengkapi akses bagi penyandang disabilitas.

Pembangunannya menggunakan anggaran sebesar Rp 15 miliar yang berasal dari dana Penyertaan Modal Daerah (PMD).

Selanjutnya, Tri mengungkapkan, Perumda Pasar Jaya juga akan melakukan groundbreaking empat pasar lainnya pada tahun ini, yakni Pasar Kombongan, Jakarta Pusat; Pasar Kramat Jaya, Jakarta Utara; Pasar Baru Metro King, Jakarta Pusat; dan Pasar Blok A Fatmawati, Jakarta Selatan.

Baca Juga : Harga Cabai di Pasar Kemiri Muka Depok Turun Jelang Lebaran, Dijual Rp45 Ribu Perkilo

Tak hanya itu, sejumlah pasar juga sedang dalam tahap pembangunan yang ditargetkan selesai pada tahun 2024, di antaranya Pasar Petojo Enclek, Jakarta Pusat; Pasar Gandaria, Jakarta Pusat; dan Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link