Beranda / Jakarta Raya

Warga Pulau Untung Jawa Ikuti Kegiatan Gotong Royong, Wujudkan Lingkungan Asri Kota Lestari

Terasjakarta.id - Jumat, 8 Desember 2023 | 19:30 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Ratusan warga Pulau Untung Jawa ikuti kegiatan gotong royong untuk wujudkan lingkungan asri kota lestari. (Foto: Instagram @kabupatenkepulauanseribu)

Ratusan warga Pulau Untung Jawa ikuti kegiatan gotong royong untuk wujudkan lingkungan asri kota lestari. (Foto: Instagram @kabupatenkepulauanseribu)

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Ratusan warga mengikuti kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan di wilayah RT 03/RW 03 Kelurahan Pulau Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan.

Kegiatan yang diikuti oleh sekitar 126 warga ini dilaksanakan pada Jumat, 8 Desember 2023.

Para warga yang mengikuti kegiatan ini juga tergabung dalam unsur RT, RW, LMK, FKDM, TP PKK, Jumantik, Dasawisma, dan lain-lain.

Baca Juga : Petugas Gabungan di Kelurahan Pulau Untung Jawa Siaga Antisipasi Sampah Kiriman

Untuk diketahui, kegiatan gotong royong ini merupakan tindak lanjut dari Instruksi Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 100 Tahun 2023 tentang Lomba Gotong Royong Lingkungan Asri Kota Lestari.

Lurah Pulau Untung Jawa Sidartawan menjelaskan, gotong royong ini dilaksanakan dalam rangka menumbuhkan rasa kebersamaan terhadap masyarakat, guna kebersihan lingkungan, dan kesehatan lingkungan.

Kegiatan gotong royong di Kepulauan Seribu sendiri berbeda dengan di wilayah Jakarta yang lain.

Jika gotong royong di Kota Administrasi dilaksanakan pada hari minggu, kegiatan di Kepulauan Seribu dilaksanakan pada hari Jumat.

Hal ini karena Minggu merupakan hari kunjungan wisatawan ke Pulau Untung Jawa.

Selain itu, pemilihan hari Jumat ini sekaligus mempersiapkan kunjungan wisatawan.

Baca Juga : Memasuki Musim Hujan, 79 Petugas Gabungan Gelar Gerebek Sampah di Pulau Untung Jawa

Selanjutnya, sampah-sampah yang dikumpulkan pada kegiatan ini akan dibawa ke TPS sebelum diangkut kapal Sudin LH Kepulauan Seribu ke darat.

"Sampah-sampah ini selanjutnya kita kumpulkan di TPS, kemudian dibawa atau diangkut kapal Sudin LH Kepulauan Seribu," katanya.

Ia menambahkan, kegiatan gotong royong ini akan terus digencarkan bersamaan dengan giat Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) serta Jumat Bersih.

Sementara itu, Kepala Bagian Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Kepulauan Seribu Endro Mukti Wibowo menjelaskan bahwa Pulau Untung Jawa merupakan pulau yang paling dekat dengan Jakarta.

Hal ini pun berdampak pada saat hujan sehingga sampah-sampah di wilayah Jabodetabek terbawa ke perairan Pulau Untung Jawa melalui 13 aliran sungai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link