Beranda / Lifestyle

Manfaat Konsumsi Protein Hewani, Tak Hanya Cegah Stunting

Rabu, 25 Januari 2023 | 20:13 WIB
SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Manfaat mengonsumsi protein hewani. (Unsplash/Nanxi wei)

Manfaat mengonsumsi protein hewani. (Unsplash/Nanxi wei)

Penulis : Sasaa
Editor :

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID – Mengonsumsi protein hewani tak hanya bermanfaat untuk mencegah terjadinya stunting, tetapi masih ada beberapa manfaat yang baik untuk tubuh.

Protein merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang besar. Protein juga menjadi bagian penting dari makanan untuk membangun, memperbaiki, dan memelihara struktur tubuh.

Melansir dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, mengonsumsi makanan protein hewani menjadi bukti sebagai cara untuk dapat mencegah terjadinya stunting pada anak.

Baca Juga : Hari Gizi Nasional 2023, Cegah Stunting dengan Konsumsi Protein Hewani

Di mana stunting sendiri merupakan gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak yang diakibatkan kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang.

Stunting biasanya ditandai dengan panjang atau tinggi badan yang berada di bawah standar.

Sehingga, dalam kasus itu protein hewani dinilai efektif untuk mencegah anak mengalami stunting.

Baca Juga : Hari Gizi Nasional 2023, Angka Stunting di Indonesia Masih Tinggi

Sementara itu, melansir dari Healthline dan Medical News Today, protein hewani yang meliputi, telur, ikan atau seafood, daging tanpa lemak, ayam, susu, yogurt, dan keju memilki sejumlah manfaat lainnya.

Manfaat lain selain mencegah stunting dari mengonsumsi makanan protein hewani adalah diyakini dapat memperkuat yulang dan mengurangi risiko asma, serta diabetes pada anak.

Tak hanya itu, protein hewani juga bermanfaat dalam meningkatkan metabolisme, masa otot, hingga kekuatan dan kepadatan tulang.

Baca Juga : Hari Gizi Nasional, Tema dan Sejarahnya

Hal ini dikarenakan protein hewani dikenal sebagai protein lengkap yang artinya mengandung sembilan asam amino esensial.

Di mana protein itu sendiri terdiri dari asam amino dan tubuh manusia membutuhkan keseimbangan dari semua 22 jenis asam amino.

Protein hewani memiliki nutrisi penting, yaitu vitamin B12 dan zat besi heme. Zat besi heme ini diketahui lebih mudah diserap dibandingkan zat besi non-heme yang terdapat pada protein nabati.

Baca Juga : Megawati Soekarnoputri Ulang Tahun ke-76, PDIP Gelar Dapur Umum Cegah Stunting hingga Gerakan Merawat Pertiwi

Kendari demikian, agar mendapatkan manfaat yang maksimal, mengonsumsi makanan protein hewani tidak diperbolehkan secara berlebihan.

Mengonsumsi makanan protein hewani dianjurkan setidaknya 2-3 porsi detiap hari yang disertai dengan makanan pokok, sayuran, serta buah-buahan. Hal ini perlu dilakukan agar tidak mengakibatkan efek yang buruk bagi kesehatan.

Apabila mengonsumsi makanan yang mengandung protein hewani, maka dapat mengakibatkan dampak buruk, seperti memicu penyakit berbahaya hingga kronis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

    SHARE
    Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link