Beranda / Lifestyle

Tips dan Strategi untuk Menjalani Ramadhan dengan Baik dan Berkah

Terasjakarta.id - Minggu, 12 Maret 2023 | 14:50 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Tips bagaimana menjalankan ibadah di bulan suci Ramadhan dengan Baik (freepik)

Tips bagaimana menjalankan ibadah di bulan suci Ramadhan dengan Baik (freepik)

Penulis : Syifa Lulu Aulia
Editor : Syifa Lulu Aulia

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID – Ramadhan akan segara tiba, di bulan yang suci dan penuh ampunan ini senantiasa kita selalu diberikan keberkahan oleh Allah SWT.

Allah SWT di bulan suci Ramadhan senantiasa melipat gandakan pahala bagi mereka yang melakukan kebaikan, di bulan ini juga umat muslim di seluruh dunia akan menunaikan dan menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh lamanya.

Umat muslim di dunia juga akan berlomba-lomba mencari kebaikan dan pahala di bulan suci yang penuh ampun ini untuk bekal pada akhirat nanti.

Baca Juga : Ide Jualan saat Bulan Suci Ramadhan: Paling Laku Takjil

Salah satu keistimewaan bulan Ramadhan lainnya yaitu terdapat satu malam yang sangat di muliakan oleh Allah SWT.

Malam itu adalah malam Lailatul Qadar atau malam Seribu Bulan, malam ini ada di 10 hari terakhir bulan suci Ramadhan saat diturunkannya Alquranul Karim, sebagaimana yang telah disampaikan Allah SWT dalam Al-Qur’an Surah Al-Qadr 1-3.

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Alquran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” QS. Al Qadr: 1-3.

Baca Juga : Jelang Ramadhan 2023, Heru Budi Pastikan Stok Bawang dan Cabai di DKI Aman, Dapat Pasokan 175 Ton

Berikut Tips Bagaimana Menjalankan Ibadah Ramadhan dengan Baik

Agar ibadah puasa di bulan Ramadhan tidak sia-sia perlu diperhatikan tips dan strategi menjalaninya, tidak hanya menahana hawa nafsu kita juga harus berlomba-lomba mencari kebaikan dan keberkahannya.

1. Menjaga niat puasa

Niat menunaikan ibadah puasa Ramadhan menjadi hal yang mendasar untuk kelancaran dalam menjalankannya. Sertakan niat puasa untuk Allah SWT agar senantiasa kita diberi kemudahan serta diberi semangat untuk menjalankan ibadah di bulan suci Ramadhan

2. Mengatur pola hidup saat Ramadhan

Di bulan Ramadhan kita diharuskan untuk bangun sahur dan makan sebelum matahari terbit, untuk itu kita harus mengatur pola hidup sehat dengan mengatur jam tidur yang cukup dan jam istirahat yang cukup. Hal ini bertujuan agar tubuh tetap dalam kondisi sehat saat menunaikan ibadah puasa.

Baca Juga : Niat dan Tata Cara Pelaksanaan Salat Witir Ramadhan 2023

3. Menjaga pola makan berbuka dan sahur yang tepat

Saat menjalankan ibadah puasa tantangan bagi umat muslim yaitu menahan lapar dan haus selama matahari terbit hingga fajar, maka dari itu kita perlu mengatur pola makan yang baik ketika berbuka dan juga sahur.

Ketika sahur tubuh harus diisi energi dengan mengonsumsi sayur dan buah-buahan yang tinggi serat dan juga mineral, ketika sudah waktunya berbuka maka kita harus makan secukupnya dan tidak berlebihan untuk menghindari kekenyangan dan sakit pada perut.

Baca Juga : Sunnah Awal Ramadhan 2023, Tips mengikuti Sunnah Nabi di awal Puasa 2023

4. Aktivitas Fisik yang cukup

Meskipun dalam kondisi menahan lapar dan haus saat berpuasa, tubuh juga memerlukan aktifitas fisik yang cukup agar tetap terasa bugar, cara ini juga menjadi cara yang tepat untuk tubuh supaya rileks dan tidak terasa berat ketika menjalani ibadah puasa.

5. Menjalankan ibadah sholat tarawih dan membaca Al-Qur’an

Seperti yang diketahui di bulan Ramadhan semua orang berlomba mendapatkan keberkahan dan kebaikan, maka dari itu umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak ibadah di bulan ini.

Baca Juga : Tips Memasuki Bulan Ramadhan 2023, Persiapkan Diri Baik Fisik dan Mental

Banyak ibadah yang dapat dilakukan saat bulan Ramadhan, salah satunya menunaikan sholat tarawih dan khataman Al-Qur’an. Keistimewaan di bulan ini akan mendapat ganjaran pahala yeng berlipat ganda dari Allah SWT.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

    SHARE
    Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link