Beranda / News
Cara Mudah Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan dan Cara Mengaktifkan Layanan Online-nya
Terasjakarta.id - Rabu, 22 Maret 2023 | 19:17 WIB

Cara Mudah Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan dan Cara Mengaktifkan Layanan Online BPJS Ketenagakerjaan. (terasjakarta)
Penulis : Riza Alamas
Editor : Riza Alamas
JAKARTA, TERASJAKARTA.ID-- Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan ternyata sangat mudah, kalian bisa mengeceknya melalui 2 cara.
BPJS Ketenagakerjaan adalah program yang memberikan jaminan sosial bagi para pekerja.
Jika kamu adalah anggota BPJS Ketenagakerjaan, maka kamu harus mengetahui cara mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan kamu.
Baca Juga : Tiga Nakes Klarifikasi Terkait Video Viral Bandingkan Pelayanan Pasien BPJS dan Pasien Umum
Berikut adalah dua cara yang bisa dilakukan untuk melakukan pengcekan saldo BPJS Ketenagakerjaan.
Melalui Aplikasi JMO (Jamsostek Mobile)
- Untuk menggunakan aplikasi JMO, download aplikasi JMO terlebih dahulu melalui Google Play Store atau melalui link ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bpjstku untuk mengetahui besaran saldo BPJS Ketenagakerjaan.
- Setelah itu, buka aplikasi JMO pada HP Android kamu dan buat akun.
Baca Juga : Viral Video Nakes Bedakan Pasien BPJS dan Pasien Umum, Kemenkes Buka Suara
- Setelah berhasil login dengan akun yang telah dibuat, pilih menu "Jaminan Hari Tua" dan pada halaman "Jaminan Hari Tua" pilih menu "Cek Saldo".
- Kemudian, pilih Nomor Kartu Peserta (KPJ) yang ingin kamu tampilkan dan informasi saldo Jaminan Hari Tua akan terlihat secara detail beserta data yang telah kamu serta perusahaan laporkan.
Melalui Situs BPJS Ketenagakerjaan
- Buka situs https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/ dan login dengan memasukkan alamat email dan kata sandi yang terdaftar untuk mengetahui saldo BPJS Ketenagakerjaan.
Baca Juga : BPJS Buka Lowongan Kerja untuk 2 Posisi, Usia 50 Tahun Boleh Daftar
- Jika tidak terdaftar, klik "Buat Akun Baru" dan lakukan registrasi akun terlebih dahulu.
- Setelah berhasil login, klik "reCAPTCHA Saya bukan robot" dan "Login".
- Untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan, klik "Lihat Saldo JHT" dan informasi saldo BPJS Ketenagakerjaan akan terlihat.
Dengan menggunakan dua cara di atas, kamu bisa melakukan cek saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan mudah.
Pilihlah cara yang paling mudah untuk kamu akses, baik itu melalui aplikasi maupun situs resmi BPJS Ketenagakerjaan.
Melalui dua cara ini, kamu juga bisa melihat berapa banyak saldo Jaminan Hari Tua atau JHT yang sudah kamu kumpulkan sebagai peserta program BPJS Ketenagakerjaan.
Baca Juga : Cek Iuran BPJS Kesehatan Kelas 1, 2, 3 yang Mau Dihapus
Jangan lupa untuk selalu memantau saldo BPJS Ketenagakerjaan kamu agar terhindar dari kekurangan dana saat membutuhkan klaim nantinya.
Cara Mengaktifkan Layanan Online BPJS Ketenagakerjaan
BPJS Ketenagakerjaan adalah sebuah badan hukum yang bergerak di bidang asuransi sosial di Indonesia.
Layanan BPJS Ketenagakerjaan ini sangatlah penting bagi setiap pekerja yang ingin mendapatkan perlindungan sosial ketika terjadi risiko di tempat kerja.
Baca Juga : Jadwal KUR BRI 2023, Pinjam Rp100 Juta Wajib Lampirkan Syarat BPJS Ketenagakerjaan
Salah satu layanan yang disediakan oleh BPJS Ketenagakerjaan adalah layanan online yang memudahkan para pesertanya untuk mengakses informasi terkait dengan kepesertaan dan saldo BPJS Ketenagakerjaan.
Dalam artikel ini, terasjakarta.id akan membahas cara mengaktifkan layanan online BPJS Ketenagakerjaan dengan lengkap dan mudah dipahami.
Langkah 1: Mendaftar Sebagai Peserta BPJS Ketenagakerjaan
Sebelum bisa menggunakan layanan online BPJS Ketenagakerjaan, kamu harus terlebih dahulu mendaftar sebagai peserta.
Kamu bisa mendaftar di kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat dengan membawa dokumen yang dibutuhkan seperti KTP dan KK.
Baca Juga : Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Online, Tak Perlu Ribet Datang ke Kantor Cabang
Langkah 2: Aktivasi Akun Online BPJS Ketenagakerjaan
Setelah mendaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, langkah selanjutnya adalah mengaktifkan akun online.
Untuk mengaktifkan akun online, kamu harus mengunjungi website resmi BPJS Ketenagakerjaan di https://bpjsketenagakerjaan.go.id/ dan memilih menu "Daftar".
Setelah itu, kamu akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran dengan data diri yang valid dan sesuai dengan dokumen yang kamu miliki.
Pastikan untuk memasukkan nomor telepon yang aktif dan valid agar mudah dihubungi oleh BPJS Ketenagakerjaan.
Baca Juga : Pindah Domisili? Ini Cara Ganti Rumah Sakit Rujukan BPJS secara Online
Langkah 3: Verifikasi Akun Online BPJS Ketenagakerjaan
Setelah melakukan pendaftaran, kamu akan menerima SMS yang berisi kode verifikasi untuk mengaktifkan akun online BPJS Ketenagakerjaan.
Masukkan kode verifikasi tersebut pada halaman yang disediakan dan klik tombol "Verifikasi".
Setelah itu, akun online BPJS Ketenagakerjaan Anda sudah aktif dan siap digunakan.
Langkah 4: Login ke Akun Online BPJS Ketenagakerjaan
Untuk mengakses layanan online BPJS Ketenagakerjaan, kamu harus melakukan login terlebih dahulu.
Untuk melakukan login, buka website resmi BPJS Ketenagakerjaan dan pilih menu "Login".
Masukkan nomor kepesertaan dan password yang sudah kamu buat pada saat pendaftaran akun online.
Baca Juga : BLT BPJS Ketenagakerjaan 2023 Cair Tanggal Berapa? Berikut Syarat dan Cara Mengambilnya di Kantor Pos
Langkah 5: Menggunakan Layanan Online BPJS Ketenagakerjaan
Setelah berhasil login, kamu akan melihat berbagai layanan online yang disediakan oleh BPJS Ketenagakerjaan seperti cek saldo, cetak kartu peserta, dan lain sebagainya.
Pilih layanan yang ingin kamu gunakan dan ikuti petunjuk yang ada.
Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda sudah bisa mengaktifkan layanan online BPJS Ketenagakerjaan dengan mudah dan cepat.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
TERKINI
TERPOPULER
