Beranda / Otomotif

Mau Road Trip Bareng Keluarga? Simak Tips Merawat Mobil Sebelum Berlibur

Terasjakarta.id - Sabtu, 21 Januari 2023
BAGIKAN
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter
Ada beberapa cara untuk merawat mobil sebelum berlibur sama keluarga (Ist)

Ada beberapa cara untuk merawat mobil sebelum berlibur sama keluarga (Ist)

Penulis : Anto | Editor : Anto

JAKARTA, TERASJAKARTA - Berlibur saat tanggal merah memang selalu menjadi kegiatan yang menyenangkan. Terlebih dilakukannya bersama keluarga dengan kendaraan roda empat atau mobil.

Biasanya akan menuju tempat-tempat wisata baik itu di sekitar Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang juga Bekasi (Jabodetabek), namun bisa juga menuju ke kampung halaman yang ada di luar kota.

Akan tetapi kalian tidak ingin keseruan liburan terganggu karena mobil yang dikendarai rusak atau mogok? Oleh karenanya Teras Jakarta akan memberi tips merawat mobil sebelum berlibur.

Ada berbagai cara merawat mesin mobil sebelum melaksanakan mudik. Sebenarnya tidak hanya mesin saja yang harus dirawat sebelum mudik, tetapi juga beberapa bagian lainnya.

Pengerjaan perawatan mesin juga harus diberikan kepada para mekanik handal dan berpengalaman. Berikut penjelasannya.

Baca Juga : Kenali 7 Ciri Filter BBM Perlu Diganti, Jangan Sampe Mobil Rusak

  1. Cek Kondisi Mesin Mobil

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengecek kondisi mobil. Terutama untuk bagian pelumas seperti oli dan lain-lain.

Mekanik akan mengecek bagian komponen oli, baik dari segi keenceran atau volumenya, filter oli, hingga yang lainnya. Kemudian bagian timing belt juga akan dicek agar mengetahui apakah kondisi masih bagus atau sudah retak.

Komponen ini sendiri sangat vital karena mendukung kinerja satu komponen dengan komponen lainnya. Perhatikan hal ini agar mobil prima untuk melaksanakan mudik.

  1. Cek Air Radiator

Lalu Anda juga disarankan melakukan control pada air radiator dan wiper, juga volumenya tinggal sedikit ada baiknya diisi kembali.

Sebab melakukan perjalanan yang jauh hingga ratusan kilometer dapat membuat mesin mobil rentan panas. Namun dengan adanya air radiator maka mesin mobil dapat berada di tingkatan suhu yang tepat. Hal ini dapat diperoleh dengan kinerja sistem radiator yang baik.

Baca Juga : Tips Cegah Filter Bensin Mobil Tidak Mudah Rusak

Oleh karena itu perlu dilakukan pengecekan pada bagian ini. Level air radiator yang kurang dapat membuat mesin menjadi lebih cepat panas.

Para mekanik akan melakukan pengecekan dengan melihat seberapa banyak air radiator yang masih ada. Jika sudah berkurang, maka mereka akan menambahkannya dengan cairan khusus. Kemudian bagian tabung air atau reservoir radiator juga perlu dicek.

  1. Periksa Kelistrikan Mobil

Hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah dengan memeriksa kelistrikan mobil kalian.

Sebab kelistrikan yang berasal dari aki dapat mempengaruhi kinerja beberapa komponen lain, seperti lampu mobil, sistem entertainment, hingga sistem starter.

Semua komponen tersebut saling membutuhkan kinerja kelistrikan yang prima. Itulah mengapa bagian ini perlu dicek, termasuk volume air aki sendiri.

Baca Juga : 7 Keunggulan Wuling Formo Max, Penantang Suzuki Carry Pikap

  1. Periksa Bagian Kaki-Kaki Serta Ban

Agar liburan tambah nyaman kalian wajib memeriksa bagian kaki-kaki. Jika tidak dicek secara mendalam maka tidak aneh ketika kalian mendengar bunyi suara gemuruh dari kaki-kaki mobil.

Salah satu bagian yang perlu diperhatikan adalah bearing di roda.

Bearing ini harus dalam kondisi baik. Jangan sampai ada kejadian rusak atau pecah di jalan karena dapat membuat mobil tidak bisa dikendarai lagi sebelum bearing diperbaiki.

Ban mobil juga harus dicek juga secara detail. Kalau kondisi permukaan ban sudah mulai botak maka Anda perlu menggantinya.

Jangan sampai cengkraman ban mobil tidak optimal karena dapat mengakibatkan muncul masalah selip saat melintasi jalanan licin.

Cek juga tekanan angin ban. Jangan sampai terlalu tinggi atau terlalu rendah juga.

Hal ini sangat mempengaruhi tingkat kenyamanan anggota keluarga, khususnya ketika melewati jalanan dengan permukaan tidak rata.

Baca Juga : Intip Sosok Wuling Formo Max, Harga Cuma Rp162 Juta Penantang Carry Pikap

Agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan jangan lupa membawa keperluan kendaraan, seperti ban serep dan perlengkapan untuk mengganti ban.

Hal ini penting untuk mengantisipasi kemungkinan ban bocor di perjalanan.

Selain ban serep, dongkrak dan peralatan perbaikan kendaraan, jangan ketinggalan surat kelengkapan kendaraan.

  1. Buat Mobil Lebih Nyaman untuk Anak-Anak

Liburan menggunakan mobil pribadi bakal menjadi pengalaman seru untuk anak-anak. Karena dapat memberikan suasana yang berbeda dan membuat lebih akrab satu sama lain.

Baca Juga : Tips Terhindar dari Tabrakan dengan Truk di Jalan Tol

Untuk itu penting membuat mobil menjadi lebih nyaman dengan cara membersihkan interior dan eksterior agar bebas dari debu dan jamur.

Juga memastikan AC kendaraan berfungsi dengan baik serta melengkapi dengan barang-barang yang dibutuhkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

    BAGIKAN
    Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter