Beranda / Otomotif

Tipe Ban yang Cocok untuk Mudik Lebaran 2023

Terasjakarta.id - Rabu, 29 Maret 2023 | 23:30 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Sebelum melakukan perjalanan jauh seperti mudik Lebaran 2023 ada baiknya pengguna mobil memahami tipe-tipe ban dan kegunaannya. (freepik)

Sebelum melakukan perjalanan jauh seperti mudik Lebaran 2023 ada baiknya pengguna mobil memahami tipe-tipe ban dan kegunaannya. (freepik)

Penulis : Riza Alamas
Editor : Riza Alamas

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID-- Sebelum melakukan perjalanan jauh mudik Lebaran 2023, sebagai pengguna mobil ada baiknya kalian memastikan apkah kondisi ban aman untuk digunakan.

Jika nampak ban sudah aus, maka sebaiknya ban perlu diganti sebelum melakukan perjalanan jauh mudik Lebaran 2023.

Dalam hal ini, kalian dapat memilih tipe ban karena ragam ban di pasaran sangat beragam dengan desain yang disesuaikan dengan kebutuhan mobil kalian.

Baca Juga : 5 Tips Menghindari Calo saat Momen Mudik Lebaran 2023

Beragam jenis ban mulai dari tipe Mud Terrain, All Terain bisa menjadi pilihan untuk kalian mengganti ban sebelum melakukan perjalanan mudik Lebaran 2023.

Namun, dari beragam jenis ban diatas, ban mana yang paling cocok untuk digunakan untuk perjalanan jauh seperti mudik Lebaran 2023?

Zulpata Zainal, On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk mengatakan bahwa ada ban yang paling cocok digunakan untuk perjalanan jauh dengan medan aspal, bebatuan hingga berlumpur.

Zulpata mengatakan bahwa dalam memilih ban sebaiknya disesuaikan dengan kondisi jalan yang akan dilalui, karena tipe ban sudah disesuaikan dengan peruntukan penggunaan ban tersebut dan untuk mobil apa juga sudah dipikirkan.

Baca Juga : Mudik Lebaran Pakai Mobil? Kenali Tanda-Tanda Mobil Perlu di Spooring dan Balancing

Untuk beberapa tipe ban sudah disesuaikan dengan model kendaraannya dengan memperhitungkan beban muatan kendaraan, performa, dan juga karakter kendaraan tersebut.

Tipe ban AT dan MT biasa digunakan untuk kendaraan kelas SUV, sedangkan untuk mobil pribadi lainnya seperti MPV atau City Car ban yang bisa digunakan tidak terlalu banyak dan perlu mempertimbangkan medan yang akan dilalui mobil.

Dirinya menyarankan kalau mobil dipakai untuk perjalanan jarak jauh seperti mudik dan dengan pertimbangan jalan yang banyak aspalnya, pilihan ban tipe AT dirasa sudah cukup karena terasa nyaman dan gagah.

Baca Juga : Tips Berkendara Aman Mudik Lebaran 2023, Pengendara Wajib Tahu

Sedangkan untuk ban MT bisa menjadi pilihan jika memang medan yang akan dilalui lebih didominasi jalanan off road, berbatu, hingga berlumpur dan sejenisnya.

Zulpata menjelaskan bahwa ban tipe MT didesain khusus untuk dapat digunakan di jalan aspal namun lebih didominasi jalanan off road.

Untuk jenis ban HT (highway terrain) bisa digunakan jika perjalanan jauh lebih didominasi aspal jalan jauh dan cocok untuk jenis kendaraan jenis sedan.

Baca Juga : Mudik Lebaran 2023, Lewati Batas Kecepatan di Tol Bisa Didenda Rp500 Ribu

Sehingga ban yang cocok digunakan untuk mobil kamu yang akan melakukan perjalanan jauh dengan kombinasi jalan aspal dan tanah, baiknya menggunakan ban tipe AT.

Pengguna baiknya tetap memperhitungkan kembali setelah memahami kegunaan masing-masing tipe ban dan menyesuaikan ban dengan kendaraan juga medan yang akan dilalui. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

    SHARE
    Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link