Beranda / Pemilu 2024

Gibran Rakabuming Dipanggil Sekjen DPP PDIP Hari Ini, Imbas Ketemu Prabowo?

Terasjakarta.id - Senin, 22 Mei 2023 | 12:15 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Gibran Rakabuming dipanggil oleh Sekjen DPP PDIP terkait pertemuannya dengan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. (Ilustrsi: terasjakarta)

Gibran Rakabuming dipanggil oleh Sekjen DPP PDIP terkait pertemuannya dengan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. (Ilustrsi: terasjakarta)

Penulis : Syifa Lulu Aulia
Editor : Syifa Lulu Aulia

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Wali Kota Solo sekaligus putra sulung Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka memenuhi panggilan di kantor DPP PDIP hari ini Senin, 22 Mei 2023.

Banyak yang menduga pemanggilan Gibran oleh DPP PDI terkait pertemuannya dengan Ketua Umum a Partai Gerindra, Prabowo Subianto di Solo dengan relawan.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto juga membenarkan bahwa partainya telah melakukan pemanggilan terhadap Wali Kota Solo Gibran Rakabuming pada hari ini.

Namun, ia tidak memberikan informasi detail terkait pertemuannya dengan Gibran hari ini, apakah akan membahas pertemuan Gibran dan Prabowo pada beberapa waktu lalu.

Baca Juga : Survei Indikator: Elektabilitas Prabowo dan Ganjar Naik, Anies Jeblok

Sementara itu, Gibran menduga bhawa pemanggilan ini terkait dengan keputusan para relawannya yang mendukung capres (calon presiden) Prabowo di Pilpres 2024

Di sisi lain, Gibran mengungkapan bahwa pertemuannya dengan Prabowo beberapa waktu lalu hanya sekadar mendampinginya pada Jumat, 19 Mei 2023.

Ia juga menegaskan pertemunnya itu tidak ada kaitannya dengan capres.

Baca Juga : Gibran Jadi Cawapresnya Prabowo? Begini Kata Jokowi

"Bukan kemarin mendukung ya (capres), kan tidak pernah keluar dari mulut saya," pukasnya.

Selain itu, putra sulung presiden ini menjelaskan detail pertemuannya dengan Ketua Umum Partai Gerindara, ia menuturkan hanya menjemput Prabowo dan juga mengajak makan sebagai menteri.

"Kemarin menjemput beliau, mengajak makan beliau sebagai menteri," ucapnya.

Gibran juga menjelaskan bahwa untuk urusan pencapresan ia sama sekali mengikutinya.

Baca Juga : Gerindra Bantah Pertemuan Ketum Parpol dengan Jokowi Bahas Ganjar-Prabowo

"Kalau urusan pencapresan saya enggak ikut-ikut kemarin, nggih," ungkapnya.

Diketahui, suami dari Selvi ananda ini telah menerima panggilan dari Sekjen DPP PDIP Hasto Kriyanto sejak Sabtu, 20 Mei 2020 untuk menghadap ke DPP PDIP pada hari Senin, 21 Mei 2023.

ia menyatakan siap untuk bertemu dan memenuhi panggilan, bahkan ia juga siapa dirinya akan diberikan sanksi jika DPP PDIP menilai tindakannya salah.

"Ya siap, saya terima sanksi, teguran, hukuman" tuturnya.

Baca Juga : Prabowo Sambangi Rumah Mahfud MD, Kode Cawapres? 

Gibran juga terlihat memenuhi panggilan itu dan tiba di Gedung DPP PDIP pukul 10.29 WIB, ia datang dengan mengenakkan pakaian PDIP warna merah dengan lambang partai PDIP yakni banteng di dadanya.

Sebelumnya, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto tiba lebih dulu dan kemudian masuk bersama dengan Gibran.

Tanggapan Jokowi Gibran Jadi Cawapres Prabowo 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) turut berkomentar terkait adanya wacana duet Prabowo Subianto dengan Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024.

Menanggapi wacanan Gibran jadi Cawapresnya Prabowo, Jokowi menyinggung usia dan maa jabatan Gibran sebagai Wali Kota Solo.

"Pertama umur. Kedua, baru dua tahun jadi wali kota. Yang logis aja lah," kata Jokowi di Sarinah, Jakarta Pusat pada Kamis, 4 Mei 2023.

Baca Juga : Hengkang dari Gerindra, Sandiaga Uno Pamit ke Prabowo lewat Surat

Adapu isu liar duet Prabowo-Gibran berkembang di media sosial.

Gibran pun turut menanggapi cuitan netizen yang menyebutkan peta politik bakal berubah jika Prabowo mau menggandeng putra Jokowi jadi Cawapresnya.

Menurut netizen, suara pemilih Ganjar bakal pindah ke Prabowo jika berpasangan dengan Gibran di Pilpres 2024.

"Peta politik akan berubah jika @prabowo/@Gerindra berhasil meyakinkan @gibran_tweet untuk jd cawapres nya Prabowo, akan banyak mutasi suara dari @ganjarpranowo/@PDI_Perjuangan ke kubu Prabowo,siap2 @PDI_Perjuangan @ganjarpranowo kehilangan suara bahkan kehilangan untuk menang," tulis netizen.

Baca Juga : Survei Capres 2024 Terbaru, Prabowo Ungguli Ganjar dan Anies

Gibran pun membalas cuitan tersebut dengan mengunggah meme kartun patrick bertuliskan "Kok Bisa Bang".

Respon Gibran pun menuwai banyak komentar dari netizen dari yang pro hingga kontra.

Akhir-akhir ini memang nama Gibran kerap muncul di bursa Cawapres. Nama Gibran kerap disangkutpautkan dengan para Capres termasuk Prabowo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link