Ketahui 10 Cara Mencegah Serangan Jantung Yang Kini Banyak Terjadi Pada Usia Muda Home

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: article/article_view.php

Line Number: 13

Backtrace:

File: /home/admin/public_html/terasjakarta.id/cszcms/modules/plugin/views/article/article_view.php
Line: 13
Function: _error_handler

File: /home/admin/public_html/terasjakarta.id/cszcms/third_party/MX/Loader.php
Line: 357
Function: include

File: /home/admin/public_html/terasjakarta.id/cszcms/third_party/MX/Loader.php
Line: 300
Function: _ci_load

File: /home/admin/public_html/terasjakarta.id/cszcms/libraries/Template.php
Line: 119
Function: view

File: /home/admin/public_html/terasjakarta.id/cszcms/libraries/Template.php
Line: 96
Function: load

File: /home/admin/public_html/terasjakarta.id/cszcms/modules/plugin/controllers/Article.php
Line: 278
Function: loadSub

File: /home/admin/public_html/terasjakarta.id/index.php
Line: 338
Function: require_once



Powered by CSZ CMS | Open Source Content Management with responsive
4 4 19 Jakarta style
Ketahui 10 Cara Mencegah Serangan Jantung Yang Kini Banyak Terjadi Pada Usia Muda Home

terasjakarta.id


Serangan jantung merupakan kondisi yang terjadi ketika pasokan darah menuju ke jantung terhambat. Penyakit ini merupakan kondisi medis yang darurat yang biasanya disebabkan oleh penggumpalan darah atau penumpukan lemak, kolesterol dan unsur lainnya.

Nah, serangan jantung biasanya dikaitkan dengan orang-orang yang sudah berumur alias tua. Namun, para milenial alias anak muda juga dapat terkena serangan jantung, lho.

Terdapat dua penyebab anak muda saat ini rentan terdeteksi penyakit jantung. Penyebab pertama, menurut spesialis jantung dan pembuluh darah, Kardiologi Intervensi dr. Vito A Damay dapat dibilang positif, yakni pemeriksaan dini. "Sekarang orang makin aware karena dia periksa duluan, dulu orang pikir ah masuk angin lalu meninggal. Sekarang ada gejala orang periksa walaupun masih ada yang enggak," katanya.

Sementara penyebab kedua adalah kebiasaan buruk yang biasa dilakukan. Mulai dari gaya hidup hingga pola makan. Apalagi, saat ini makanan semakin beragam.

Kedua gak bisa dipungkiri karena gaya hidup yang makin berat," lanjutnya. "Orang makin enak makanan sekarang diolah macem-macem dulu cuma bakar sama panggang goreng dan minuman kadar gula tinggi."

Mereka yang berusia muda yang kebanyakan terdeteksi penyakit jantung untuk wanita dibawah 45 tahun sedangkan laki-laki dibawah 30 tahun. "Dulu perempuan dibawah 65 tahun laki-lali dibawah 45 tahun. Sekarang sudah gak heran usia 30 tahun kena jantung atau stroke," kata dr. Vito.

Nah, buat para anak muda, kalian enggak mau tiba-tiba terkena serangan jantung, kan? Untuk itu, ketahui cara mencegah penyakit jantung di sini.

1. Cokelat Hitam Mencegah Penyakit Jantung


Cokelat Hitam Mencegah Penyakit Jantung

Mencegah penyakit jantung, dapat kalian lakukan dengan mengonsumsi cokelat hitam. Makanan yang digemari banyak orang ini mengandung flavonoid yang rupanya bisa menurunkan resiko penyakit kardiovaskular. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Heart, mengonsumsi dark chocolate dapat menurunkan resiko penyakit jantung hingga 11 % dan resiko stroke sebesar 23%.

Tak hanya itu, cokelat hitam mengandung antioksidan yang dapat membantu sel-sel tubuh melawan kerusakan akibat radikal bebas dari kontaminasi lingkungan, asap rokok serta paparan cahaya matahari berlebihan. Nah, kalian harus memastikan memilih cokelat hitam dengan kandungan kakao yang tinggi. Simak manfaat cokelat hitam lainnya di sini.

2. Konsumsi Yogurt Dapat Menurunkan Resiko Serangan Jantung


Konsumsi Yogurt dapat Menurunkan Resiko Serangan Jantung

Selain cokelat, yogurt juga memiliki manfaat yang sama. Sekitar 80% imunitas tubuh manusia ada di pencernaannya. Jika pencernaan sehat, maka kalian juga tidak akan rentan terserang penyakit, termasuk jantung.

Menjaga kesehatahan pencernaan dapat dilakukan dengan mengonsumsi bakteri baik alias probiotik yang bisa kalian dapatkan melalui yogurt. Menurut sebuah studi dari Institut Kesehatan Griffith dan School of Medicine di Australia, dosis harian probiotik dari yogurt akan membantu menurunkan tekanan darah, terutama orang-orang yang terkena tekanan darah tinggi. Bakteri baik juga dapat melawan proses inflamasi terkait penyakit jantung.

3. Kurangi Konsumsi Makanan Manis


Kurangi Konsumsi Makanan Manis

Siapa yang doyan konsumsi makanan manis? Mungkin ini bakal jadi "bencana" untuk kalian. Gula menjadi salah satu bahan makanan yang disinyalir berkonstribusi menyebabkan tekanan darah tinggi. Dr James DiNicolantonio, seorang ilmuwan penelitian kardiovaskular di St Luke Mid America Heart Institute, yang memimpin penelitian mengatakan, "Mendorong konsumen untuk mengatakan tidak pada gula, bukan garam, mungkin strategi diet yang lebih baik untuk mencapai kontrol tekanan darah."

4. Kurangi Asupan Kolesterol


Kurangi Asupan Kolesterol

Seperti diketahui, penyakit jantung berhubungan erat dengan tekanan darah. Nah, untuk menjaga tekanan darah, kendalikan asupan lemak jenuh dan kolesterol dalam batas wajar. Jika kadar kolesterol LDL kalian lebih dari 200mg/dl, sebaiknya berhati-hati.

Kadar kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan masalah jantung. Kurangi mengonsumsi makanan tidak sehat seperti junk food, mentega, santan, kuning telur, gorengan dan lainnya. Kalian juga wajib mengonsumsi buah dan sayuran yang sehat.

5. Pertahankan Berat Badan Ideal Yang Sehat


Pertahankan Berat Badan Ideal yang Sehat

Kelebihan berat badan dapat menyebabkan kondisi yang meningkatkan peluang terkena penyakit jantung. Maka dari itu, kalian dapat menghitung indeks massa tubuh. Hal ini mempertimbangkan tinggi dan berat badan dalam menentukan apakah kalian memiliki persentase lemak tubuh sehat atau tidak sehat.

Selain itu, lingkar pinggang bisa menjadi alat yang berguna untuk mengukur sebesar banyak lemak perut yang kalian miliki. Pria umumnya dianggap kelebihan berat badan jika ukuran pinggang mereka lebih besar dari 101, 6 centimeter. Wanita umumnya kelebihan berat badan jika ukuran pinggang mereka lebih besar dari 88,9 centimeter.

6. Perbanyak Konsumsi Minum Air Putih


Perbanyak Konsumsi Minum Air Putih

Cara selanjutnya untuk menjaga kesehatan jantung adalah memperbanyak konsumsi air putih. Semakin sedikit cadangan cairan dalam tubuh yang dapat membantu melarutkan kandungan garam pada darah. Artinya, darah akan mengandung banyak garam.

Kandungan garam yang tinggi membuat darah semakin kental. Akibatnya volume darah secara keseluruhan akan berkurang. Nah, karena volume darah yang menurun, ketika jantung memompa darah segar selanjutnya, jumlah yang disalurkan pun tidak sebanyak normalnya. Jantung akan bekerja lebih keras lagi untuk menutupi kekurangan tersebut. Itu sebabnya dehidrasi seringkali ditandai dengan jantung yang berdebar.

7. Jaga Kualitas Tidur


Jaga Kualitas Tidur

Kurang tidur tidak hanya membuat kalian lelah, namun juga mengganggu kesehatan. Orang yang kurang tidur memiliki resiko obesitas lebih tinggi, tekanan darah tinggi, serangan jantung, diabetes dan depresi. Kebanyakan orang dewasa membutuhkan tujuh hingga sembilan jam tidur setiap harinya.

Selain itu, kalian juga harus mengurangi kebiasaan tidur dengan lampu menyala. Cahaya lampu dapat menyebabkan penurunan kadar hormon melatonin di dalam tubuh. Melatonin sendiri merupakan hormon yang berfungsi sebagai antioksidan dan mengontrol tidur. Jika melatonin berkurang akan berdampak pada penurunan daya tahan tubuh sehingga tubuh menjadi lemak dan mudah terserang penyakit, termasuk jantung.

8. Kelola Stres Dengan Baik


Kelola Stres dengan Baik

Setiap orang pasti pernah mengalami stres. Nah, untuk menjaga kesehatan jantung, kalian harus belajar cara mengelola stres. Ketika kalian dibawah tekanan, tubuh memproduksi adrenalin yang akan membuat jantung bekerja lebih keras. Hal ini mengakibatkan tekanan darah yang meningkat.

Stres kronis dapat berujung pada serangan jantung. Jika kalian merasa stres sudah berlebihan, itu waktunya untuk bercerita pada orang terdekat atau konselor. Kalian juga dapat mengontrolnya dengan wewangian yang bermanfaat untuk meredakan stres, simak di sini.

9. Berhenti Merokok


Berhenti Merokok

Salah satu kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan serangan jantung adalah merokok. Bahan kimia di tembakau dapat merusak jantung dan pembuluh darah, menyebabkan penyempitan arteri akibat penumpukan plak dan akhirnya menyebabkan serangan jantung. Karbon monoksida dalam asap rokok menggantikan oksigen dalam darah.

Hal tersebut akan meningkatkan tekanan darah dan detak jantung dengan memaksa jantung bekerja lebih keras untuk memasok kebutuhan oksigen. Maka dari itu, segera tinggalkan kebiasaan buruk merokok, ya.

10. Rutin Olahraga


Rutin Olahraga

Nah, olahraga merupakan hal penting untuk mencegah penyakit jantung. Kalian dapat melakukan olahraga setidaknya 30 menit sehari, minimal 5 hari seminggu. Tidak ada batasan jenis olahraga apa yang bisa dan harus dilakukan. Kalian dapat melakukan 8 jenis olahraga yang paling banyak membakar lemak, simak di sini.

Nah, buat kalian yang super sibuk di kantor, jadwalkan istirahat pendek untuk bangkit dan gerakkan kaki serta tangan kalian. Lakukan pemanasan ringan untuk memompa jantung. Simak di sini untuk lebih lengkapnya.

Related Post

    Article not found!

Comment