Loading...

Advertisement

Dinas PE Gelar Pengadaan Alat Uji Genset

Dinas PE Gelar Pengadaan Alat Uji Genset
foto istimewa
Editor : Erwan News — Kamis, 4 April 2019 21:15 WIB
terasjakarta.id - Dinas Perindustrian dan Energi (PE) DKI Jakarta melakukan pengadaan peralatan penunjang uji laik operasi pembangkit listrik generator atau genset di tahun 2019.


Kepala Bidang Energi dan Ketenagalistrikan Dinas PE DKI Jakarta, Edward Napitupulu mengatakan, saat ini pihaknya memiliki dua unit load bank sebagai alat uji beban dan mengukur performa genset di gedung-gedung. Namun, peralatan penunjang lainnya untuk melakukan pengujian genset secara komprehensif memang belum ada.


"Pengujian dilakukan sebagai bentuk pengawasan bagi pelaku usaha yang menggunakan genset, khususnya genset berkapasitas lebih dari 200 kilovolt ampere," ujarnya, Kamis (4/4).


Edward menjelaskan, pengujian tersebut penting dilakukan karena intalasi tenaga listrik harus memiliki Sertifikat Laik Operasi (SLO). Sehingga, keamanan terkait pemakaian pembangkit listrik bertegangan tinggi, termasuk penggunaan instalasi serta jaringan yang sesuai dengan standarisasinya dapat lebih dipastikan.


"Selama ini kita masih menggunakan pihak ketiga. Nanti, setelah pengadaan itu terealisasi maka kita bisa melakukannya sendiri," terangnya.


Ia menambahkan, Dinas PE mengalokasikan anggaran sebesar Rp 400 juta untuk pengadaan peralatan penunjang uji laik operasi pembangkit listrik generator atau genset pada tahun ini.


"Awal maret lalu sudah dilakukan lelang dan diharapkan Mei mendatang sudah dapat diketahui pemenang lelangnya. Mudah-mudahan di bulan Juli pengadaan alat itu sudah terealisasi," tandasnya. (Erwan)

Dinas PE Jakarta

Loading...

Related Post