Loading...

Advertisement

Ingin Tidur yang Berkualitas? Singkirkan Ponsel di Samping Bantal Anda

Ingin Tidur yang Berkualitas? Singkirkan Ponsel di Samping Bantal Anda
Editor : Melati News — Sabtu, 6 April 2019 06:39 WIB
terasjakarta.id


Ponsel, tablet, komputer, dan gadget telah menjadi bagian besar dari kehidupan kita sehari-hari. Sehingga sering kali sulit untuk meletakkannya, bahkan pada waktu menjelang tidur.

Meletakkan ponsel di samping bantal Anda mungkin tidak terlihat seperti masalah besar. Tetapi tahukah bahwa teknologi memengaruhi kualitas tidur Anda lebih dari yang Anda sadari. Baik saat berselancar di web, bermain video game, atau menggunakan ponsel sebagai jam alarm di malam hari.

Kita pasti sudah tahu bagaimana pentingnya mendapatkan waktu tidur yang cukup bagi kesehatan secara keseluruhan. Tak hanya itu, dampak kurang tidur setiap malam juga dapat membuat Anda lebih berisiko mengalami penyakit tidak menular (PTM) berbahaya seperti penyakit jantung dan stroke.

Jadi, ini tiga alasan mengapa teknologi dapat membuat kualitas tidur Anda berantakan, seperti dikutip dari situs Sleep, Sabtu (6/4/2019).

Menekan Produksi Melatonin

Cahaya biru yang dipancarkan oleh layar pada ponsel, komputer, tablet, dan televisi menahan produksi melatonin.  Ini adalah hormon yang mengendalikan siklus tidur dan bangun Anda atau ritme sirkadian. Mengurangi melatonin, membuat Anda lebih sulit tertidur dan mengacaukan jam tidur Anda.

Membuat Otak Waspada

Tampaknya tidak berbahaya jika membaca beberapa E-mail sebelum tidur atau bersantai dengan film favorit, tetapi dengan menjaga pikiran Anda tetap aktif, teknologi dapat menipu otak Anda untuk berpikir bahwa otak perlu tetap terjaga. Jika Anda menjelajahi web, melihat sesuatu yang mengasyikkan di Facebook, atau membaca E-mail negatif, pengalaman itu bisa membuat Anda sulit untuk rileks dan tidur nyenyak.

Membuat Anda Terjaga

Hanya karena tidak menggunakan ponsel sebelum tidur, bukan berarti itu tidak dapat mengganggu tidur Anda. Misalnya Anda meletakkan ponsel dalam jangkauan yang masih dapat mengganggu tidur, dengan bunyi notifikasi teks larut malam, email, panggilan, atau kalender pengingat. Ini bisa membuat Anda terjaga semalaman, bahkan mengurangi jam tidur Anda.

ponsel tidur

Loading...

Related Post