Elektabilitas Prabowo-Sandi Mengalahkan Jokowi-Ma'ruf

Potan 8 4 19 RI-1
Elektabilitas Prabowo-Sandi Mengalahkan Jokowi-Ma'ruf

foto terasjakarta.id

terasjakarta.id

Hasil survei Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis) menyebutkan paslon 02 memperoleh 47,59 persen, sementara paslon 01 memperoleh 45,37 persen. 7,04 persen belum menentukan pilihan.

Direktur Eksekutif Puskaptis, Husin Yazid mengatakan, elektabilitas paslon 01 Jokowi-Ma'ruf selama dua bulan terakhir tidak mengalami peningkatan tetap berada di level 45 persen. Sementara Prabowo-Sandiaga menongkat tajam dari 41,80 menjadi 47,59 persen. 

"Dengan tren positif seperti ini, boleh jadi Prabowo-Sandi di ambang kemenangan. Peningkatan suara Prabowo tersebut penyebabnya antara lain keyakinan masyarakat meningkat kepada paslon 92," kata Husin Yazid saat merilis hasil survei di Menteng, Jakarta Pusat, Senin (8/4). 

Selain itu jelas Husin, tingginya elektabilitas Prabowo-Sandi, karena melibatkan responden yang menginginkan perubahan dan presiden baru. 

"Sosok Prabowo-Sandi juga dianggap mampu memperbaiki ekonomi saat ini juga memiliki karakter yang dikonfirmasi dan berwibawa," ujar Husin. 

Survei tersebut dilakukan pada tanggal 26 Maret-2 April 2019, secara proporsional di 34 provinsi yang memiliki hak pilih dalam Pilpres 17 April 2019. Yakni mereka yang telah memperoleh 17 tahun atau sudah menikah dan telah terdaftar di KPU sebagai penerima kompilasi yang dilakukan survei. 

Selanjutnya acak di tingkat kabupaten, kecamatan, kelurahan / desa, kampung / RW / RT, penyebaran wilayah di 50 persen perkotaan dan 50 persen pedesaan. 

Jumlah sampel responden yang diambil sebanyak 2.100 orang. Penentuan responden dilakukan secara acak sistematis, dengan margin error + 2,4 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Related Post

    Article not found!

Comment