5 Wisata Padang Pasir di Indonesia, Enggak Kalah Indah Sama Gurun Sahara

Bungaeka 9 4 19 Wow
5 Wisata Padang Pasir di Indonesia, Enggak Kalah Indah Sama Gurun Sahara

terasjakarta.id


Gurun pasir atau padang pasir identik dengan wilayah timur tengah. Walaupun sebenarnya banyak juga padang pasir yang ada di Benua Afrika maupun Amerika.

Sebut saja gurun Sahara, gurun terluas di dunia ini adalah gurun pasir yang paling terkenal. Saking luasnya gurun sahara, ada 9 negara yang berbagi wilayah gurun tersebut. Ketika kamu terdampar di tengah-tengah gurun pasir ini, tidak ada yang bisa kamu lihat selain pasir yang sangat luas.

Selain itu, gurun-gurun di Afrika maupun Amerika juga tak kalah luasnya. Dengan luasnya wilayah gurun gurun pasir tersebut, banyak juga yang menjadikan gurun pasir ini menjadi tempat wisata.

Di Indonesia pun ternyata wisata padang pasir juga mulai terkenal. Walaupun tidak seluas gurun sahara, tetapi wisata layaknya padang pasir di Indonesia ternyata juga banyak diminati. Ini adalah beberapa wisata padang pasir di Indonesia yang wajib kamu kunjungi  dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (9/4/2019).

1. Padang Pasir Pantai Oetune, Nusa Tenggara Timur

Padang Pasir Oetune terletak di sepanjang Pantai Oetune, sesuai namanya. Dengan luas mencapai 100 meter persegi, padang pasir oetune ini memiliki pemandangan pasir yang menggulung dan bergelombang seperti Gurun Sahara.

Selain itu pasir di sini sangatlah lembut, sehingga kamu tidak perlu khawatir akan terluka. Panorama pantai yang indah juga merupakan salah satu nilai tambah untuk padang pasir ini, atau bahkan sebaliknya padang pasir inilah yang merupakan nilai tambah bagi pantai tersebut.

Perjuangan menuju Padang Pasir Oetune ini memang cukup melelahkan dan jauh dari pusat kota. Terhitung dari Kota Kupang kamu perlu waktu sekitar 3 jam untuk mencapainya. Selain itu di sepanjang jalan juga penuh dengan kelokan serta naik turun bukit dan lembah.

Tetapi, dengan seluruh keindahan alam, kesegaran pantai, dan hembusan angin yang sangat menyejukkan, kamu tidak akan menyesal untuk berkunjung ke Padang Pasir Pantai Oetune ini.

2. Gumuk Pasir Parangkusumo, Yogyakarta

Dari semua wisata padang pasir di Indonesia, mungkin Gumuk Pasir Parangkusumo ini merupakan yang paling terkenal. Gumuk pasir yang terletak tidak jauh dari pantai parangtritis ini, memiliki ciri khas tersendiri dengan wisata sand boarding nya.

Konon katanya, gumuk pasir ini terbentuk karena material Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang terbawa dan terkikis oleh arus Sungai Progo. Di sini juga sangat bagus untuk berfoto, bahkan banyak yang melakukan foto pre-wedding ataupun foto tahunan sekolah di sini.

Dengan panorama pasir yang luas dan suasana panas seakan di gurun pasir yang mempesona, menambah ketertarikan wisatawan untuk berkunjung ke Gumuk Pasir Parangkusumo ini.

3. Pasir Berbisik Gunung Bromo, Jawa Timur

Pasir berbisik terletak di kawasan Gunung Bromo. Pengambilan namanya didasarkan kepada film yang pernah mengambil gambar di sana berjudul pasir berbisik yang dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo.

Dengan begitu terkenalnya keindahan Gunung Bromo, pasir berbisik pun tidak kalah terkenalnya karena menjadi bagian dari keindahan alam di Gunung Bromo juga. Bahkan memang salah satu penarik wisata di Gunung Bromo adalah Pasir Berbisik ini.  

Di pasir berbisik ini, kamu dapat berwisata dengan fasilitas mobil jeep, motor trail bahkan dengan berkuda. Kamu akan merasakan pengalaman berada di gurun pasir yang sangat luas dan indah dengan pemandangan pegunungan di sekitarnya.

4. Bukit Pasir Busung, Bintan Kepulauan Riau

Berbeda dengan padang pasir lainnya yang terdapat di tepi pantai maupun di kawasan pegunungan, bukit pasir Busung merupakan bekas tambang bauksit.

Dengan panorama padang pasir yang membentuk bukit dan bergelombang, banyak wisatawan yang berkunjung kesini untuk mengambil foto. Karena merupakan bekas tmabang bauksit, gurun pasir busung terlihat lebih cerah dari wisata padang pasir lainnya di Indonesia.

5. Bukit Pasir Toraja, Sulawasi Selatan

Bukit pasir Toraja atau juga biasa dikenal dengan bukit pasir Rantebua ini memiliki pemandangan yang lebih mirip dengan Grand Canyon di Amerika Serikat. Tetapi dengan pasir yang berwarna hitam.

Hamparan pasirnya bergelombang layaknya perbukitan yang tinggi sehingga kamu harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk berjalan naik turun di sini. Tekstur pasir di sini cukup padat sehingga saat kamu menginjakkan kaki, pasirnya tidak akan mudah turun ke bawah.

Terletak di Kecamatan Buntao, Rantebua, Toraja Utara, Sulawesi Selatan, bukit pasir Toraja juga menyajikan pemandangan hutan di sekelilingnya

Related Post

Comment