Disdik DKI Sebut Tak Ada Kebocoran Soal UNBK

Potan 9 4 19 News
Disdik DKI Sebut Tak Ada Kebocoran Soal UNBK

foto istimewa

terasjakarta.id


Dinas Pendidikan DKI Jakarta telah melaksanakan evaluasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA dan SMK di Ibu Kota.

Kadisdik DKI Jakarta Ratiyono mengatakan dari hasil evaluasi ini pihaknya menemukan tak ada indikasi kebocoran soal ujian saat pelaksanaan ujian akhir sekolah ini.

"Kebocoran soal hingga saat ini sih tidak ada," kata Ratiyono di Balai Kota DKI Jakarta Pusat, Selasa (9/4).

Mantan Kadispora DKI Jakarta ini mengatakan kerahasiaan soal ujian bisa dijaga lantaran ujian kali ini sudah berbasis komputer. Dimana semua soal ujian di jaga oleh sistem komptur yang dikendalikan oleh Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik).

"Soalnya kan pakai komputer, jadi itu dikendalikan oleh puspendik. Sehingga yang menyatakan soal, beberapa jam sebelumnya dari puspendik, ke setting jaringan komputer yang ada di DKI. Apalagi soalnya kanan kiri itu beda," ujarnya.

Demi menjaga kerahasiaan soal ujian itu agar UNBK ini bisa berjalan sebagaimana mestinya, Ratiyono mengatakan pihaknya sudah melakukan persiapan matang jauh - jauh hari sebelumnya termasuk mensingkronkan semua data peserta ujian.

Tak hanya melakukan pengamanan ciber saja, pihaknya juga melakukan penjagaan fisik komputer disekolah - sekolah yang melakukan UNBK.

"Sistemnya dari sebelumnya sudah kita sinkronkan, supaya saat UNBK tidak ada masalah. Kemudian malamnya kita jagain dan kemudian paginya memang semuanya sudah oke. Jadi Alhamdulillah soal jaringan relatif tidak ada trouble," tegasnya.

Diketahui sebelumnya, Dinas Pendidikan DKI Jakarta telah menyediakan posko-posko dan tim khusus saat pelaksanaan UNBK pertama yakni tingkat SMK digelar. Posko tersebut, bertugas untuk menangani permasalahan yang terjadi saat UNBK tersebut berlangsung.

"Posko itu, bukan posko pengaduan. Sebetulnya itu posko untuk mengatasi ketika ada trouble, posko yang ada di tingkat provinsi ada satu, yaitu di Dinas Pendidikan," kata Ratiyono saat dikonfirmasi, Selasa (26/3/2019) lalu.

Related Post

    Article not found!

Comment