Dengar Bisikan Gaib, Remaja di Kediri Makan Jari Tangan hingga Putus

Bungaeka 21 4 19 News
Dengar Bisikan Gaib, Remaja di Kediri Makan Jari Tangan hingga Putus

terasjakarta.id


Seorang remaja putri penderita gangguan jiwa di Kabupaten Kediri, Jawa Timur (Jatim) memakan jari tangannya sendiri hingga putus. Perempuan ini bahkan sempat dipasung karena kerap mengamuk dan menganggu warga.

Remaja tersebut, Wiji Fitriani (21), tinggal bersama sang nenek, Jirah, di Desa Ngadi, Kecamatan Mojo. Keberadaan orang tuanya hingga kini belum diketahui.

Perbuatan memakan bagian tangan ini dilakukan Wiji karena di luar kesedarannya. Saat kecil Wiji dalam keadaan normal, tetapi kisah pilunya dialami setelah kedua orang tuanya bercerai dan meninggalkan mereka.

"Kondisi kejiwaannya berubah drastis," kata tetangganya, Siti, kepada wartawan, Sabtu (20/4/2019).

Menurut dia, sejak usia 19 tahun, Wiji kerap mengamuk dan membahayakan warga sekitar. Hingga akhirnya keluarga sempat mengurungnya di kamar berpintu besi.

"Setahun terakhir, Wiji memiliki kebiasaan yang aneh, memakan jemari tangannya sendiri," ujar dia.

Meski mengaku sakit dan berteriak kerap kali tangannya mengeluarkan darah namun dia mengaku dilatarbelakangi bisikan-bisikan gaib.

Sementara itu, Plt Kepala Puskesmas Ngadi, Rindang Farihah Idana mengatakan, Wiji menderita gangguan jiwa skizofrenia. Bisikan tersebut melatarbelakangi kebiasaan memakan jari tangannya sendiri, hingga disebut kanibal.

Menurut dia, skizofrenia bisa dicegah dengan pengobatan rutin, baik dengan obat maupun pelatihan di posyandu jiwa.

"Sayangnya hal ini kerap terjadi penolakan dari pihak keluarga, termasuk saat Wiji hendak dirujuk ke RSJ Lawang, Kabupaten Malang serta RSDU Pare untuk menjalani operasi," ujarnya.

Related Post

Comment