Loading...

Advertisement

PT KAI Siapkan 50 Kereta Tambahan Angkutan Lebaran 2019

 PT KAI Siapkan 50 Kereta Tambahan Angkutan Lebaran 2019
foto istimewa
Editor : Potan Biz Up — Selasa, 23 April 2019 12:02 WIB
terasjakarta.id

Direktur Utama KAI Edi Sukmoro menyatakan, PT Kereta Api Indonesia (KAI) menambah 393 perjalanan kereta api reguler untuk angkutan lebaran 2019. Sehingga secara keseluruhan ada 406 perjalanan kereta api. Kursi yang tersedia pun mencapai 247.010 per hari.

"Itu meningkat 5% dari yang disediakan pada Lebaran tahun lalu sebanyak 236.210 per hari," kata Edi di Stasiun Gambir, Jakarta, Selasa (23/4/2109).

Sebelumnya KAI menyediakan 50 perjalanan kereta api tambahan selama masa angkutan Lebaran yang berlangsung mulai 26 Mei-16 Juni 2019. Maka tambahan kursi yang tersedia 29.456 per hari bagi para pemudik.

Sementara untuk mengantisipasi kesiapan masa angkutan Lebaran 2019, Edi mengatakan, pihak KAI pun melakukan inspeksi ke berbagai wilayah di pulau Jawa menggunakan KA Inspeksi. Inspeksi ini dilakukan selama tiga hari yakni 23-25 April 2019.

Edi menjelaskan, kegiatan inspeksi tersebut untuk melihat kesiapan jalur, stasiun, pelayanan, hingga sumber daya manusia yang akan melayani penumpang pada masa angkutan Lebaran 2019. Inspeksi itu juga melakukan identifikasi pada titik-titik yang rawan banjir, tanah longsor, hingga pelemparan dan vandalisme.

Sebab titik-titik rawan memang perlu mendapat penjagaan yang ekstra, mengingat arus perjalanan kereta api akan semakin padat saat momen Lebaran 2019. Edi mengatakan, pihaknya akan menyiagakan petugas pemeriksa jalur dan penjaga jalan lintasan tambahan, serta petugas pengamanan tambahan yang bekerjasama dengan TNI-Polri.

"KAI juga menyediakan alat serta material yang ditempatkan di titik-titik tertentu sehingga jika dalam keadaan darurat, perbaikan dapat segera dilakukan," jelasnya.

Adapun terdapat dua KA Inspeksi yang perjalanannya dimulai dari Stasiun Gambir. Di mana KA Inspeksi Generasi 3 akan menuju Stasiun Cirebon, Purwokerto, Yogyakarta, Surabaya Gubeng, Jember, hingga Stasiun Banyuwangi melalui jalur Lintas Utara Jawa. Sedangkan Lintas Selatan Jawa menggunakan KA Inspeksi Generasi 2 yang akan menuju Stasiun Bandung, Purwokerto, Semarang Tawang, Malang hingga Stasiun Surabaya Gubeng.

Dalam inspeksi tersebut diikuti Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri, Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono, serta jajaran Direksi PT KAI di antaranya Edi Sukmoro.









PT KAI Siapkan 50 Kereta Tambahan Angkutan Lebaran 2019

Loading...

Related Post