Loading...

Advertisement

Kasus Suap Romy, KPK Bakal Konfirmasi soal Aliran Dana ke Menag Lukman

Kasus Suap Romy, KPK Bakal Konfirmasi soal Aliran Dana ke Menag Lukman
Editor : Admin News — Jumat, 26 April 2019 19:14 WIB
terasjakarta.id


Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali akan memanggil Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin terkait penyidikan kasus suap pengisian jabatan di Kemenag. Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan menuturkan, pihaknya ingin mengonfirmasi aliran dana yang diduga mengalir ke Lukman.

“Ya memang tujuannya untuk itu (mengonfirmasi dugaan aliran dana ke Lukman),” kata Basaria di Jakarta, Jumat (26/4/2019).

Lukman telah dipanggil KPK untuk menghadiri pemeriksaan pada Rabu (24/4/2019) lalu. Namun, Lukman mangkir dari panggilan tersebut dan meminta dijadwalkan ulang. Basaria mengungkapkan, selaku menteri agama dan politikus PPP, Lukman bisa saja memiliki kegiatan yang sangat padat, sehingga dijadwalkan ulang oleh penyidik.

“Tapi kalau yang bersangkutan mungkin masih sibuk kan, harus kita maklumi juga. Suasana sekarang ini setelah habis pemilu, sudah barang tentu, apalagi yang bersangkutan kan dari partai juga,” ucap Basaria.

Terkait dengan penjadwalan ulang pemeriksaan Lukman, Basaria mengaku belum mengetahui kapan waktu persisnya. “Saya kurang tahu, tetapi sudah di-reschedule (dijawal ulang),” ujarnya.

Pada 18 Maret 2019, tim KPK menggeledah ruang kerja Lukman di Gedung Kemenag, Jakarta. Dari penggeledahan itu, penyidik mengamankan dokumen serta uang dalam pecahan rupiah dan dolar AS. Barang bukti yang disita itu diduga terkait dengan perkara dugaan suap pengisian jabatan di Kemenag.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengungkapkan, uang yang diamankan penyidik dari ruang kerja Lukman berjumlah Rp180 Juta dan 30.000 dolar AS. Uang tersebut ditemukan di dalam laci kerja Lukman. Dari laci kerja itu juga KPK menemukan uang honorarium yang tidak disita tim KPK.

KPK romy

Loading...

Related Post