Loading...

Advertisement

4 Rahasia Tetap Berenergi saat Puasa, Pastikan Tubuh Selalu Terhidrasi

4 Rahasia Tetap Berenergi saat Puasa, Pastikan Tubuh Selalu Terhidrasi
Editor : Melati Wow — Selasa, 7 Mei 2019 11:09 WIB
terasjakarta.id


Puasa merupakan kewajiban yang tengah dijalankan umat Muslim di bulan suci Ramadan ini. Inilah waktu bagi umat Islam di dunia termasuk Indonesia, menahan hawa nafsu, tidak makan dan minum selama kurang lebih 13 jam.

Tidak makan dan minum selama belasan jam, memang memiliki dampak kesehatan yang baik. Namun, Anda tentunya ingin tetap beraktivitas tanpa mengurangi produktivitas harian Anda saat puasa. Ini dapat dilakukan jika Anda memiliki energi yang cukup, serta mengonsumsi makanan yang baik saat puasa.

Jadi, apa saja yang perlu diperhatikan ketika berpuasa? Simak informasinya seperti dirangkum dari Healthline, Selasa (7/5/2019).

1. Cukup Terhidrasi

Dehidrasi ringan dapat menyebabkan kelelahan, mulut kering, haus, dan sakit kepala. Oleh sebab itu, penting mendapatkan hidrasi yang cukup dengan minum cukup cairan ketika saat sahur dan berbuka.

Sebagian besar otoritas kesehatan merekomendasikan aturan delapan gelas per hari. Anda bisa mencoba tiga gelas saat sahur, dua gelas saat berbuka dan tiga gelas lagi setelah salat Maghrib dan Isya.

2. Tidak Berlebihan saat Buka Puasa

Segala hal yang berlebihan memang memberikan dampak yang tidak baik. Begitu pula saat Anda makan dan minum secara berlebihan ketika berbuka puasa. Kebiasaan itu dapat menyebabkan kembung dan memengaruhi berat badan Anda.

3. Makan Protein yang Cukup

Menurut penelitian, puasa dapat menurunkan berat badan Anda. Namun, kekurangan kalori dapat menyebabkan Anda kehilangan otot selain lemak.

Oleh sebab itu, Anda harus memastikan bahwa Anda telah cukup mengonsumsi protein selama sahur dan berbuka. Berdasarkan penelitian, mengonsumsi sekitar 30 persen kalori makanan dari protein, dapat mengurangi nafsu makan Anda secara signifikan.

4. Tetap Olahraga

Puasa bukan jadi alasan untuk tidak berolahraga. Saat berpuasa, Anda bisa melakukan olahraga ringan yang dapat dilakukan sesaat setelah sahur atau setelah berbuka. Latihan atau olahraga intensitas rendah yang dapat dilakukan adalah jalan kaki, yoga, peregangan, atau melakukan pekerjaan rumah tangga.

puasa kesehatan

Loading...

Related Post