Advertisement

Rabu, 8 Mei 2019 10:13 WIB

Sidang Praperadilan Romy, KPK Sebut Menag Terima Rp10 Juta

Admin —News
Sidang Praperadilan Romy, KPK Sebut Menag Terima Rp10 Juta
terasjakarta.id


Pengadilan Negeri Jakarta Selatang (PN Jaksel) Selasa (7/5/2019) menggelar sidang praperadilan tersangka dugaan suap pengisian jabatan di Kementerian Agama (Kemenag) Romahurmuziy (Romy). Dalam persidangan disebutkan nama Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin menerima uang Rp10 juta.

"Bahwa pada Tanggal 9 Maret 2019 saudara Lukman Hakim Saifuddin (Menag) menerima uang sebesar Rp 10 juta dari saudara Haris Hasanudin pada saat kegiatan kunjungan Menag ke salah satu Pondok pesantren Tebu Ireng, Jombang sebagai kompensasi atas terpilihnya saudara Haris Hasanudin sebagai Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur," ujar Kabag Litigasi Dan Biro Hukum KPK, Efi Laila Kholisanggota saat membacakan surat jawaban di PN Jaksel, Selasa (7/5/2019).

Dia mengatakan, pada 12 Maret 2019 Muafaq Wirahadi kembali menelepon Haris Hasanudin untuk menanyakan apakah dapat menemui Romy untuk menyampaikan tanda terima kasih pada saat kunjungan Romy di Surabaya pada 13-14 Maret 2019. 

Atas pertanyaan tersebut Haris Hasanudin menjawab akan disampaikan kepada Romy bahwa Muafaq Wirahadi ingin bertemu empat mata. Dalam rangka memenuhi komitmennya untuk memperkuat barisan Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Haris Hasanudin dan Muafaq Wirahadi memfasilitasi pelaksanaan acara penggalangan suara untuk partai pada 13-14 Maret 2019 yang dikemas dalam bentuk kegiatan pembinaan oleh Kakanwil, yaitu acara Pembinaan dan pemantapan empat pilar kebangsaan bagi Apratur Sipil Negara (ASN) yang dihadiri oleh Romy, Haris Hasanudin antara lain bertugas untuk mengundang ASN dan Non-ASN Malang Raya agar menghadiri acara tersebut.

Sedangkan Muafaq Wirahadi bertugas untuk membiayai akomodasi (makan dan penginapan) Romy beserta rombongan di Hotel Bumi Surabaya City Resort sejumlah Rp15.700.000. Selain membantu memfasilitasi pelaksanaan acara partai pada 13-14 Maret 2019, bentuk kontribusi Muafaq Wirahadi dan Haris Hasanudin kepada partai, yaitu pada akhir Februari 2019 Haris Hasanudin mengoordinasikan seluruh Kepala Kantor Kemenag dari 38 kabupaten dan kota di Provinsi Jawa Timur untuk memberikan sumbangan sebesar Rp2 juta per kabupaten dan kota untuk acara Rakerpim pada 1-3 Maret 2019 di Hotel Mercure, Surabaya yang dibuka oleh Lukman Hakim Saifuddin. 

"Hingga pertengahan Maret 2019 saudara Muafaq Wirahadi telah membantu pendanaan kegiatan kampanye yang dilakukan oleh saudara Abdul Wahab dengan total pengeluaran sebesar Rp38.775.000," ucapnya

Loading...

Related Post



Comment