RPTRA Tanah Abang 3 Panen Sayur Mayur

Erwan 9 5 19 News
RPTRA Tanah Abang 3 Panen Sayur Mayur

foto istimewa

terasjakarta.id -  Pengelola Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Tanah Abang 3, Petojo Selatan, Gambir, Jakarta Pusat memanen sayuran kangkung dan bayam merah yang ditanam sejak dua bulan lalu menggunakan sistem vertiminaponik.


Vertiminaponik merupakan sistem pertanian yang menggabungkan budidaya ikan di dalam bak atau kolam dengan budidaya tanaman dalam lingkungan.


"Kita gunakan pupuk kotoran ikan lele yang dialirkan dari air kolam. Lalu di atasnya ditaruh media tanam berisi tanah yang sudah dicampur pupuk kandang kemudian ditanami bibit kangkung dan bayam merah," ujar Surya, salah satu pengelola RPTRA Tanah Abang 3 di lokasi, Kamis (9/5).


Surya mengatakan, hasil dari panen kangkung dan bayam merah tersebut selanjutnya dijual kepada warga yang berkunjung ke RPTRA Tanah Abang 3 seharga Rp 3.000 per ikat.


"Kita panen dua ikat kangkung dan dua ikat bayam merah. Uang hasil penjualan kita pakai buat beli bibit yang baru," katanya.


Menurut Surya, kegiatan budidaya seperti ini sudah berlangsung di RPTRA Tanah Abang 3 sejak 2017 lalu. Selama kegiatan berlangsung, pihaknya selalu mengajak warga agar ikut melakukan budidaya.


"Kita juga bisa memberikan contoh ke masyarakat bahwa media tanam yang seperti ini praktis dan mereka bisa lakukan di rumah," tandasnya.

Related Post

Comment