Purwanto Bantah Rekayasa Perolehan Suara

Potan 14 5 19 RI-1
Purwanto Bantah Rekayasa Perolehan Suara

foto istimewa

terasjakarta.id


Calon Anggota Legislatif DPRD DKI Jakarta Dapil 8 Partai Gerindra nomor urut 7, Purwanto membantah telah merekayasa perolehan suara. Dari perhitungan suara, caleg pendatang baru ini berhasil meraih 36.782 suara.

"Kita kan punya strategi. Punya basis kantong suara juga. Dari Jagakarsa saya dapat 26 ribu suara, dan sisanya 10 ribu suara tersebar pada kecamatan lainnya," ujar Purwanto saat dihubungi terasjakarta.id, Selasa (14/5/2019).

Diakui pengusaha muda ini, penempatan dirinya pada dapil 8 sangat menguntungkan. Selain karena tinggal di dapil ini, Purwanto pun sangat akrab dengan karang taruna dan tokoh masyarakat setempat, khususnya di kecamatan Jagakarsa.

"Arahan dari partai kan jelas, untuk kader atau caleg agar bergerak di semua kecamatan. Setiap caleg punya basis masing-masing, Ahmad Seppalga kuat di Tebet, saya kuat di Jagakarsa karena tinggal di Jagakarsa," tegasnya.

Dapil 8 sendiri terdiri dari 5 Kecamatan, yakni Kecamatan Jagakarsa, Pasar Minggu, Pancoran, Mampang dan Tebet. Namun, Pengamat Kebijakan Publik, Amir Hamzah mencurigai besarnya perolehan suara Purwanto.

"Raihan suara kenapa hanya terpusat di Jagakarsa. Ini gak benar. Karena penyebarannya tidak merata diseluruh kecamatan dapil 8," kata Amir, Sabtu (11/5).

Amir mendesak DPP dan DPD Gerindra untuk mengevaluasi perolehan suara caleg itu. Sebab ada indikasi adanya monopoli perolehan suara yang dilakukan caleg tersebut yang masuk kedalam kategori kecurangan.

"Konstituen diluar Kecamatan Jagakarsa terkesan tidak terwakili. Hal itu tentu dapat memunculkan gugatan," ujar Amir.

Lebih lanjut Amir menambahkan, Partai Gerindra harus segera melakukan verifikasi pada caleg yang menang dalam satu kecamatan, sebab ada indikasi yang bersangkutan melakukan politik uang.

"Hal yang penting dilakukan seperti verifikasi secepatnya dilaksanakan. Soalnya menyangkut nama baik partai," pungkasnya. 

Related Post

    Article not found!

Comment