Advertisement

BI Minta Warga Tidak Panik Soal Masalah di Bank Mandiri

Potan 21 7 19 Biz Up
BI Minta Warga Tidak Panik Soal Masalah di Bank Mandiri

istimewa

terasjakarta.id


Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Onny Widjanarko meminta nasabah tidak perlu panik akibat adanya gangguan sistem pembayaran yang terjadi di PT Bank Mandiri Persero Tbk.

Pasalnya, menurut  dia, bank tersebut sudah menjalankan business continuity planning (BCP) atau rencana keberlanjutan bisnis sebagai tindak lanjut cadangan ketika bisnis tak berjalan sebagaimana mestinya.

"Jangan khawatir, Bank Mandiri ada aturan-aturan pemeliharaan sistem, dan bank-bank besar punya itu. Jadi ada keberlangsungan operasi," kata dia di Medan, Sumatera Utara, Sabtu (20/7/2019).

Oleh karena itu, Onny meminta Bank Mandiri memberikan informasi secepat mungkin kepada nasabah mengenai langkah penyelesaian yang telah dilakukan.

"Segera memberitahukan atau berkomunikasi kepada nasabah untuk memberikan perlindungan nasabah dan kepastian layanannya terjaga dan terkendali," tegas Onny.

Selain itu, lanjut Onny, bisnis sistem pembayaran yang melibatkan banyak nasabah harus memiliki ketahanan sistem operasinya dan terus memperkuat rencana cadangan untuk mendukung bisnis.

Dengan begitu perbankan dapat sigap dan cepat untuk menjaga kualitas dan kontinuitas operasinya dalam situasi dan kondisi apapun.

"Hemat saya, masalah itu segera teratasi. Mengingat bank telah lakukan komunikasi kepada masyarakat," terangnya.

Seperti diketahui, hari ini banyak nasabah Bank Mandiri mengeluhkan berubahnya saldo rekening mereka melalui laman media sosial.

Ada nasabah yang mengaku saldo di rekeningnya bertambah secara drastis dan ada juga nasabah yang tiba-tiba mendapati saldonya menjadi nol dan tidak dapat melakukan penarikan. 

Related Post

    Article not found!

Comment