Advertisement

Jumat, 2 Agustus 2019 14:33 WIB

Dinas SDA DKI Akan Bangun 1.000 Septic Tank Bagi Warga Tidak Mampu

Potan —News
Dinas SDA DKI Akan Bangun 1.000 Septic Tank Bagi Warga Tidak Mampu
Ilustrasi toilet (ist)
terasjakarta.id
Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta bersama PD Perusahaan Air Limbah (PAL) Jaya akan melaksanakan program pembangunan 1.000 septic tank bersubsidi di kawasan permukiman padat.

Kepala Dinas SDA DKI Jakarta, Juaeni Yusuf mengatakan, tahap awal pihaknya saat ini sedang melakukan pendataan rumah warga yang belum memiliki septic tank.

"Untuk tahap awal kami sedang melakukan pendataan rumah-rumah yang tidak memiliki septic tank atau yang tidak layak lagi," kata Kepala Dinas SDA DKI Jakarta, Juaeni Yusuf di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (2/8/2019).

Menurut Juaeni, sungai menjadi salah satu lokasi warga BAB sembarangan. Padahal, sungai juga sebagai salah satu andalah warga ibukota untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari.

Secara terpisah, Direktur Utama PD PAL Jaya, Soebekti mengatakan, apabila program 1.000 septic tank bersubsidi berhasil, maka tahun berikutnya akan ditingkatkan menjadi 5.000 septic tank.

Soebekti memperkirakan untuk membuat satu septic tank diperlukan dana Rp 3 juta sampai Rp 9 juta.

"Nanti warga bisa membayar sesuai yang ditetapkan dalam Pergub. Namun dari survei sementara, warga umumnya mau membayar Rp 500-Rp 600 ribu," kata Soebekti.

Sementara berdasarkan data yang dimiliki Deputi Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup DKI Jakarta, ternyata jumlah penduduk ibukota yang tidak mempunyai septic tank mencapai setidaknya 475 ribu jiwa atau 117 ribu Kepala Keluarga (KK).

Sedangkan data Indonesia Water, Sanitation, and Hygiene Sector Brief yang disiapkan Institute for Sustainable Futures, University of Technology Sydney, menyebut 80 persen penduduk Jakarta tak memiliki septic tank di rumah mereka.

Dinas SDA DKI Akan Bangun 1.000 Septic Tank Bagi Warga Tidak Mampu

Loading...

Related Post


 


Comment