Loading...

Advertisement

Rizal Ramli: Warga Papua Harus Diberi ATM Untuk Menerima Uang Subsidi

Rizal Ramli: Warga Papua Harus Diberi ATM Untuk Menerima Uang Subsidi
Editor : Potan News — Senin, 26 Agustus 2019 17:05 WIB
terasjakarta.id


Ekonom senior Rizal Ramli mengusulkan pemerintah Indonesia mengganti pola memberikan subsidi kepada warga Papua. Warga Papua  penerima subsidi harus diberi langsung lewat kartu anjungan tunai mandiri (ATM).

Mantan Menteri Kordinator Bidang Kemaritiman itu mengungkapkan, dengan pemberian atm kepada warga akan lebih efektif sebab tidak akan ada kebocoran dan warga dapat menikmati.

Saat ini pemerintah setiap tahun mengucurkan anggaran terhadap warga Papua berkisar Rp 62 triliun. Hanya, uang tersebut tidak pernah sampai ke tangan warga Papua lantaran banyak dikorupsi baik oleh pejabat pemerintah pusat maupun daerah.

"Di Alaska itu, penduduk aslinya Indian, ternyata banyak gas, banyak minyak bumi, akhirnya setiap penduduk Alaska di berikan ATM, setiap bulan langsung ditransfer subsidinya dari pemerintahan," ujat Rizal Ramli dalam acara 'Ngobrol Bareng tentang Papua', di Tebet, Jakarta Selatan, Senin (26/8/2019).

Berdasar, hitung Rizal Ramli, jika subsidi pemerintah sebesar Rp 62 triliun itu dibagi kepada 3,5 juta penduduk Papua, setidaknya setiap warga Papua akan menerima uang subsidi sebesar Rp 17,7 juta per bulan.

"Hari ini kalau Rp 62 triliun dibagi 3,5 juta orang itu hampir Rp 17,7 juta per orang. Tapi rakyatnya (saat ini) tidak dapat apa-apa. Saya betul-betul tidak terima dan marah, ini sumber ketidakadilan luar biasa," jelasnya.

"Jadi lebih bagus kita kasih ATM saudara-saudara kita di situ, setiap bulan terima subsidi berapa juta, sehingga mereka bisa hidup lebih baik," imbuhnya.

rizal ramli papua

Loading...

Related Post