Advertisement

Jumat, 6 September 2019 15:41 WIB

Spanyol Raih Peringkat Pertama Negara Terbaik untuk Wisata

Melati —Wow
Spanyol Raih Peringkat Pertama Negara Terbaik untuk Wisata
terasjakarta.id

Spanyol dinobatkan menjadi negara terbaik untuk berwisata menurut laporan Travel and Tourism Competitiveness Index (TTCI) yang baru saja dirilis oleh World Economic Forum. Dari skala 1-7, Spanyol mendapatkan skor 5,4 dan berada di peringkat pertama mengalahkan 140 negara.

Diikuti Prancis di posisi kedua, Jerman di posisi ketiga, Jepang di urutan keempat, dan Amerika Serikat di posisi kelima. Kelima negara ini berhasil mempertahankan peringkat selama dua tahun berturut-turut mengacu pada laporan TTCI 2017.

Menurut data yang berhasil dikumpulkan World Economic Forum dari World Tourism Organization (UNWTO) dan Travel and Tourism Council (WTTC), jumlah turis mancanegara yang menyambangi Spanyol mencapai 81.868.500 orang.

Barcelona Tiumphal Arch di Spanyol Foto: Pixabay/Katerina Zhang

Sedangkan International tourism inbound receipts (jumlah pengeluaran turis mancanegara) saat berkunjung ke Spanyol mencapai angka 68.114,1 juta dolar Amerika atau setara Rp 964,046 triliun, dengan rata-rata pengeluaran 832 dolar Amerika atau setara Rp 11,77 juta per orangnya.

Travel & Tourism Competitiveness Index (TTCI) adalah laporan yang mengukur kinerja suatu negara dari segi pariwisata. Mulai dari kebijakan dalam negara tersebut, potensi di masa depan, kualitas pariwisata secara keseluruhan, hingga keberlanjutan (sustainability) sektor pariwisata di dalamnya.

Plaza Espana Seville di Spanyol Foto: Pixabay/David Mark

Laporan ini bukan hanya dimanfaatkan oleh traveler saja dalam memilih destinasi wisata, tetapi juga bagi investor yang hendak melakukan investasi dalam bidang pariwisata.

Tak hanya tahun ini saja, Spanyol telah menjadi pemegang peringkat pertama dan diakui oleh World Economic Forum sebagai negara terbaik selama empat tahun berturut-turut, sejak ia menempati posisi jawara dalam laporan TTCI pada 2015 silam.

Keberhasilan yang diraih Spanyol ini bukan hanya karena didukung kekayaan sumber daya alam dan budayanya saja, tetapi juga beragam program budaya yang mencakup berbagai festival maupun seni dari abad pertengahan hingga kontemporer yang masih terus dilestarikan hingga sekarang.

Selain itu, dari sisi infrastruktur, Spanyol juga memiliki daya saing yang kuat dan sangat dihargai di berbagai negara. Karena mereka bersedia menghabiskan jutaan Euro dalam satu dekade terakhir untuk memperbarui kereta api, bandara, dan jalan raya.

Seorang wanita menari flamenco di Spanyol Foto: Pixabay/sgrunden

Sehingga dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi turis yang melancong di negeri mereka. Oleh sebab itu, walau dibayang-bayangi overtourism di masa depan, Spanyol dianggap siap dengan akomodasi dan infrastruktur wisata dalam negerinya.

Tak hanya itu saja, dari sisi keamanan dan kebersihan pun, Spanyol mendapat nilai yang cukup baik, yaitu 6,1 dan 6,2 secara berturut-turut dari skala 1-7. Begitu pula dengan tingkat infrastruktur pelayanan turis yang mencapai 6,6 dengan skala nilai yang serupa.

Para peserta saling lempar tomat dalam festival La Tomatina tahunan di kota timur Bunol, Spanyol. Foto: AFP/JAIME REINA

Lalu, bagaimanakah dengan Indonesia? Indonesia berada di posisi ke-40, menggantikan India yang kini berada di posisi 34. Meski masih sangat jauh dari 10 besar, performa Indonesia terhitung cukup baik, karena telah naik dua tingkat dari tahun 2017 lalu yakni di posisi ke-42.

Korea Selatan yang kini sedang digemari wisatawan Indonesia untuk berlibur kini berada di posisi 16, naik tiga tingkat dari posisi ke-19. Indonesia juga mesti berlapang dada, karena masih berada di bawah peringkat Negeri Jiran Malaysia yang menempati posisi ke-29. Dari 11 negara yang tergabung dalam ASEAN, Indonesia harus berpuas diri berada di bawah Singapura, Thailand, dan Malaysia.

Ingin tahu 20 negara terbaik versi Travel & Tourism Competitiveness Index World Economic Forum? Simak daftar lengkapnya berikut ini, ya.

1. Spanyol

2. Prancis

3. Jerman

4. Jepang

5. Amerika Serikat

6. Inggris

7. Australia

8. Italia

9. Kanada

10. Swiss

11. Austria

12. Portugal

13. China

14. Hong Kong

15. Belanda

16. Korea Selatan

17. Singapura

18. Selandia Baru

19. Meksiko

20. Norwegia



negara wisata spanyol

Loading...

Related Post



Comment