Loading...

Advertisement

Kisah Driver Ojol yang Lulus Kuliah Cumlaude

Kisah Driver Ojol yang Lulus Kuliah Cumlaude
Editor : Melati Wow — Minggu, 8 September 2019 07:20 WIB
terasjakarta.id

Apapun pekerjaan yang dilakukan, hendaknya seseorang tidak malu dengan apa yang dikerjakannya. Kalimat ini mungkin sangat cocok untuk menggambarkan sosok Rizky Aulia. Di usianya yang masih belia tidak malu untuk bekerja sebagai driver ojek online (ojol).

Bahkan saat lulus kuliah, ia tidak malu untuk menuliskan nama ojol yang ia kerjakan pada selendang wisudanya. Tentu kisah Rizky ini bisa menjadi salah satu pelajaran bagi kita untuk selalu mensyukuri setiap pekerjaan yang kita geluti.

Rizky yang mengambil kuliah jurusan Ekonomi Islam ini bergabung sebagai mitra salah satu ojek online di Indonesia pada Februari 2018. Namun, setelah bermitra Rizky tidak serta merta meninggalkan kuliahnya begitu saja. Pekerjaan sebagai driver dan kuliah mampu ia jalani tanpa memperoleh hambatan bahkan ia berhasil lulus dengan status Cumlaude.

 

Perempuan wisuda

“Pekerjaan ini dari pagi sampai malam juga. Caranya ya dengan membagi waktu, pas jam kuliah aplikasinya di off-in, tapi kalau jam kosong saya nyalakan lagi. Kemarin ada skripsi dan bimbingan, jadi saya fokus dengan bidang akademik dahulu,” tutur Rizky kepada Okezone.

Ia menjelaskan bahwa bahwa beberapa waktu lalu pekerjaan sebagai driver ojek online memang sempat ia kalahkan agar bisa fokus terhadap kuliahnya. Namun ia mengaku ingin tetap bekerja sebagai driver ojek online meskipun sudah lulus dari perguruan tinggi.

Lebih lanjut Rizky mengaku bahwa telah mengetahui tentang pekerjaan sebagai driver ojek online pada akhir semester tiga. Dari situ ia merasa kerjaannya enak dan sangat asik hingga akhirnya tertantang untuk bergabung karena sangat fleksibel dengan waktu kuliah.

 

Perempuan wisuda

Meski berstatus sebagai mahasiswa namun Rizky tidak malu untuk bekerja sebagai driver ojek online. Para teman kuliah yang mengetahuinya juga tidak meledeknya, justru mereka malah memberi dukungan agar Rizky bisa kuliah sambil bekerja.

“Saya nggak pernah dapat order teman sendiri tapi tetangga. Awalnya buka aplikasi di rumah tapi nanti selanjutnya nunggu order di tempat-tempat lain. Malu sih nggak karena pekerjaan ini sudah biasa. Jadi nggak masalah nggak ada yang ngeledek atau bikin malu. Justru banyak yang mendukung,” lanjutnya.

Menurut Rizky, banyak penumpang yang kaget saat ia mengambil order ojek online. Selain karena drivernya perempuan, usianya yang masih sangat muda juga menjadi salah satu sorotan penumpang. Sebagaimana diketahui, Rizky lahir pada 1997 dan merupakan mahasiswa angkatan 2015.

“Banyak respons dari para pelanggan yang merasa kaget karena drivernya cewek dan usianya masih sangat muda sudah bekerja menjadi mitra grab. Pernah dapat bintang satu juga dari customer. Tapi saya nggak tahu kenapa saya malah dapat bintang satu,” sambungnya.

 

Perempuan wisuda

Tentunya ada suka duka yang dilewati Rizky ketika bermitra sebagai driver ojek online. Mulai dari mengantar penumpang ke tempat yang jauh, hingga jarak yang paling dekat. Ia juga pernah dua kali mengantar penumpang yang hendak melahirkan.

“Nganter paling jauh via aplikasi ke Secang, Boyolali, dan Solo yakni Terminal Tirtonadi. Sehari paling banyak 15 penumpang. Paling dekat antar grabcar cuman nyebrang saja. Ngantar orang mau lahiran udah pernah dua kali. Posisi udah pakai jarik udah kesakitan tapi minta diantar cepat. Agak deg-degan juga nyetirnya,” ungkap Rizky.

Rizky pun mengaku untuk saat ini menjadi driver ojek online adalah pekerjaan yang akan digelutinya. Meski demikian, ia juga telah melamar pekerjaan di sebuah perusahaan. Nantinya jika ia diterima maka kemungkinan besar ia akan meninggalkan pekerjaan sebagai ojek online untuk meraih cita-citanya.

"Sebelum gabung grab sudah punya mobil, dan sebelumnya mobil itu dipegangin sama orang lain buat ojek online. Setelah dipegang sendiri ternyata untungnya lumayan. Saat ini rencana mau di ojek online dulu. Kemarin sudah daftar di perusahaan, kalau keterima rencana mobilnya mau di pakai pribadi aja untuk keperluan sehari-hari,” tuntasnya.

(sumber;okezone.com)


driver ojol

Loading...

Related Post