Advertisement

Selasa, 10 September 2019 06:59 WIB

7 Etika Penting saat Berlibur ke Korea Selatan

Melati —Wow
7 Etika Penting saat Berlibur ke Korea Selatan
terasjakarta.id

Sama seperti negara-negara Asia lainnya, budaya di Korea Selatan sangat menjunjung tinggi kemurahan hati, rasa hormat, dan terutama, perilaku posan dan santun. Meski tak beda jauh dengan di Indonesia, kamu tetap harus menguasai etika yang dipraktikkan oleh penduduk setempat agar kunjunganmu ke Negeri Gingseng tersebut berjalan nyaman dan lancar.

Ya, tidak terlalu sulit tentang mempelajari etika yang berlaku di Korea Selatan. Sebagian besar hanyalah mempertahankan kesopanan di depan umum, menghargai adat istiadat setempat, dan selalu menunjukkan rasa hormat kepada orang yang lebih tua. Berikut beberapa diantaranya, yang perlu Anda ketahui, dilansir dari The Travel.

1. Menggosok-gosok hidung

Menurut 90 Day Korean, untuk mempraktikkan etika yang tepat di Korea Selatan, Anda tidak boleh menggosok-gosok hidung di depan umum. Sebaliknya, mengendus dan menghirup tidak terlalu menyinggung. Jika Anda terdesar harus menggosok-gosok hidung karena gatal atau karena Anda sedang flu, hal terbaik yang harus dilakukan adalah pergi ke kamar kecil untuk mengurusnya.

2. Berjabat hanya dengan satu tangan

Bergantung dari mana Anda berasal, mungkin Anda terbiasa hanya berjabat dengan satu tangan ketika Anda menyapa orang. Di Korea Selatan, ini hanya dilakukan oleh para tetua dan mereka yang berpangkat tinggi. Budaya dan tradisi negara didasarkan pada hierarki sosial, yang tercermin dalam kebiasaan seperti ini.

Lebih baik menggunakan dua tangan untuk berjabat karena ini adalah tanda penghormatan. Jika orang lain membungkuk ketika Anda menjabat tangan, yang sopan adalah ikut membungkuk. Saat berinteraksi dengan seseorang yang lebih tua atau berpangkat lebih tinggi, selalu sopan untuk sedikit membungkuk, meskipun mereka tidak.

3. Berpakaian sopan saat Anda mengunjungi kota kecil

Dalam banyak hal, Korea Selatan cenderung lebih konservatif. Jadi jika Anda akan mengunjungi komunitas pedesaan di mana tradisi lebih dihargai, lebih baik berpakaian secara moderat. Perempuan harus berusaha menutupi bahu dan menghindari mengenakan celana pendek.

Di kota-kota besar, lebih dapat diterima untuk mengenakan apa pun yang Anda suka. Tetapi di tempat-tempat yang biasanya menerima wisatawan lebih sedikit, Anda berisiko ditegur di depan umum jika Anda berpakaian dengan cara yang dianggap tidak pantas.

4. Jaga sopan santun di transportasi umum

Jika mereka melakukan percakapan, mereka menjaga suara mereka. Mereka juga biasanya menunggu sampai perjalanan selesai sebelum mereka melakukan panggilan telepon.

Anda juga harus mengetahui tempat duduk prioritas ketika mengunjungi Korea Selatan. Akan ada kursi di bus yang disediakan untuk orang tua, orang-orang cacat, dan mereka yang hamil, dan apa saja yang tidak boleh dibawa.

5. Melepas alas kaki sebelum masuk ke ruangan

Seperti banyak negara di Asia, secara umum, tidak sopan mengenakan sepatu di dalam rumah seseorang. Bahkan beberapa tempat usaha mengharuskan Anda melepas sepatu sebelum masuk.

Dalam kebanyakan kasus, Anda akan diberikan sandal untuk dipakai di dalam sehingga Anda tidak harus bertelanjang kaki. Sangat penting untuk melepas sepatu Anda di tempat-tempat seperti kuil dan sekolah.

6. Persilahkan orang yang lebih tua untuk makan lebih dulu

Jika Anda cukup beruntung diundang makan malam di Korea Selatan, ada beberapa etika yang perlu diperhatikan. Poin utama yang perlu diingat adalah bahwa budaya diatur oleh hierarki sosial sehingga Anda harus selalu menunjukkan rasa hormat yang tertinggi kepada orang tertua di meja makan.

Itu berarti Anda harus berdiri sampai orang itu duduk. Anda mungkin tidak selalu duduk di atas bantal di lantai untuk makan. Butuh beberapa waktu untuk membiasakan diri! Ingatlah bahwa Anda diizinkan untuk mengubah posisi jika Anda mulai merasa tidak nyaman.

7. Tidak boleh mengisi gelas sendiri

Di meja makan di Korea Selatan, ingatlah bahwa Anda tidak boleh mengisi gelas Anda sendiri. Alih-alih, pastikan gelas semua orang penuh karena ini dianggap sopan santun. Sangat penting untuk memastikan bahwa orang tertua di meja tidak pernah memiliki gelas kosong.

Seni menuang memiliki trik tertentu di Korea Selatan. Cobalah untuk melakukannya sambil menyeimbangkan tangan bebas Anda di lengan Anda. Saat seseorang menuangkan minuman untuk Anda, sopan menerima dengan dua tangan.

Jadi perhatikan etika, apa yang tidak boleh dilakukan saat berlibur ke Korea Selatan ya. 



berlibur korea selatan

Loading...

Related Post



Comment