Loading...

Advertisement

BJ Habibie Suka Minum Jus Terong Belanda

BJ Habibie Suka Minum Jus Terong Belanda
Editor : Melati Wow — Kamis, 12 September 2019 08:10 WIB
terasjakarta.id


Alasan meninggalnya BJ Habibie masih belum dapat dipastikan. Riwayat penyakit jantung menjadi faktor terkuat sejauh ini. Penyakit tersebut sudah diidap mantan presiden ke-3 Indonesia itu sejak lama.

BJ Habibie menghembuskan napas terakhir di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta. Dia meninggal dunia di usia 83 tahun. Perjuangannya dalam melawan penyakit bukan satu dua bulan, melainkan sudah sejak lama. Bahkan, bukan hanya riwayat jantung, BJ Habibie pun dikabarkan pernah terserang infeksi bakteri pada 2016 sampai membuat tubuhnya demam tinggi.

Meninggalnya Habibie menjadi duka untuk bangsa Indonesia. Presiden Joko Widodo pun menyampaikan bela sungkawa sedalam-dalamnya atas kabar ini. Dalam postingannya di media sosial, Jokowi mengungkapkan kesedihan mendalam dengan kalimat singkat, "Innalillahi wa inna illaihi rajiun. Selamat jalan Bapak BJ Habibie," tulis Jokowi di caption foto.

Mengenal sosok BJ Habibie maka tidak akan jauh-jauh dari nama Ainun di belakangnya. Pasangan ini menjadi inspirasi buat banyak orang dan mereka menjadi bukti kesetiaan antar dua orang akan menciptakan kebahagiaan yang tak akan lekang oleh waktu.

Terlepas dari kisah romantisme Habibie dan Ainun, ada fakta menarik yang mungkin Anda tak ketahui mengenai bapak bangsa yang satu ini. Menurut Insinyur Elektro sekaligus Pakar Sound System Harry Kiss, Habibie itu punya makanan yang paling dia sukai saat masih menetap di Istana Negara.

 

BJ Habibie

"Makanan kesukaan Habibie itu ayam goreng dan jus terong belanda yang dicampur sirsak," katanya . Tidak hanya itu, Harry pun mengetahui fakta menarik yaitu Habibie tak menyukai durian. Dia tak suka buah itu karena aromanya yang sangat menyengat.

Di sisi lain, Harry menuturkan, sang istri, Ainun, punya makanan yang tidak disukai. Ya, Ainun tidak suka makanan mentah atau setengah matang seperti sashimi.

Manfaat terong Belanda, Minuman kesukaan Habibie

Dari penuturan Harry Kiss itu, melansir dari okezone coba mengulik lebih jauh manfaat dari minuman kesukaan Habibie. Dalam laman Health Benefits Times, ternyata terong belanda bagus untuk jantung, yang merupakan penyakit kronis BJ Habibie.

Dikatakan di sana, kalium yang ada di dalam terong belanda cukup tinggi dan kandungan ini dipercaya mampu membantu mengendalikan detak jantung serta tekanan darah. Selain itu, rutin mengonsumsi terong belanda juga dapat menyeimbangkan efek berbahaya natrium pada jantung.

Buah yang satu ini pun diketahui menyediakan magnesium serta mineral lain yang penting untuk fungsi sistem kardiovaskular. Selain itu, terong belanda juga memiliki serat yang tinggi yang membantu menghambat penyerapan kolesterol jahat.

Jus terong Belanda

Dengan kandungan serat yang tinggi, terong Belanda juga dipercaya dapat mencegah jantung dari kondisi stres oksidatif, menurunkan kemungkinan stroke jantung, dan masalah jantung lainnya.

Lebih lanjut, terong belanda dipercaya tidak hanya baik untuk jantung, tapi juga untuk kesehatan mata, antioksidan yang sangat efektif untuk kesehatan tubuh, mencegah terbentuknya batu di dalam ginjal, mencegah kanker, bahkan sampai masalah kecantikan kulit. Jadi, buah ini memang sangat bermanfaat dan itu kenapa Habibie begitu menyukainya.

bj habibie kesukaan

Loading...

Related Post