Loading...

Advertisement

Girls! Ternyata Ini yang Menjadi Penyebab Penuaan Dini pada Kulit

Girls! Ternyata Ini yang Menjadi Penyebab Penuaan Dini pada Kulit
Editor : Melati Wow — Jumat, 13 September 2019 07:55 WIB
terasjakarta.id


Beberapa penelitian mengatakan bahwa hampir semua orang terutama kaum perempuan mengalami masalah penuaan dini pada kulit. Tentu saja penuaan dini sangatlah mengganggu penampilan serta dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang. Untuk mengembalikan keadaan kulit seperti semula, tentunya kamu pun harus segera menanganinya dengan cara yang terbaik. 

Namun, agar cara penanganannya pun berhasil, tentu saja kamu harus mengetahui penyebab penuaan dini pada kulit. Karena itu,  Yuk simak sampai habis!

1. Kurang minum air putih

Banyak orang yang masih bertanya-tanya apa menjadi alasan kuat bahwa kurangnya meminum air putih merupakan salah satu dari penyebab penuaan dini pada kulit. Air putih memang memiliki banyak manfaat, salah satunya ialah menghidrasi seluruh tubuh termasuk kulit. 

Dengan tercukupinya kelembapan pada kulit, maka tentu saja hal tersebut dapat mencegah tanda-tanda penuaan pada kulit yang disebabkan oleh kulit yang dehidrasi. Untuk itu, jika kamu ingin menjaga kulitmu agar tetap indah, sebaiknya perbanyaklah mengonsumsi air putih secara ruitn.

2. Lupa menggunakan sunscreen

Selain kurangnya kelembapan pada kulit, paparan langsung sinar matahari ternyata juga disebut sebagai salah satu penyebab penuaan dini pada kulit. Efek UVA dan UVB tak hanya dapat merusak lapisan kulit, tetapi juga dapat mengangkat kelembapan alami pada kulit. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengaplikasikan sunscreen saat keluar maupun saat hendak beraktivitas di dalam ruangan.

3. Mengonsumsi makanan yang tak sehat

Wah, untuk penyebab penuaan dini pada kulit yang satu ini wajib kamu ketahui agar segera dihindari ya, Bela. Makanan, juga menjadi salah satu faktor yang menentukan tampilan kulitmu. 

Jika makanan yang kamu konsumsi seperti makanan cepat saji atau jenis makanan tak sehat lainnya, tentu saja nutrisi kulitmu menjadi berkurang dan tanda-tanda penuaan pun cepat timbul di kulitmu. Jadi, sebaiknya, konsumsilah makanan sehat yang kaya akan gizi seperti sayur-sayuran dan buah-buahan.

4. Kurangnya kualitas tidur

Penting untuk diketahui, bahwa kualitas tidurmu menentukan kesehatan kulitmu. Hal tersebutlah yang membuat bahwa kurangnya kualitas tidur seperti kebiasaan begadang dan waktu tidur yang tidak teratur menjadi salah satu penyebab penuaan dini pada kulit yang harus kamu perbaiki. Biasakan untuk tidur minimal 8 jam sehari agar kulitmu dapat meregenerasi dengan sempurna.

5. Terlalu sering terkena sinar radiasi

Siapa bilang bahwa hanya sinar matahari saja yang dapat menjadi penyebab penuaan dini pada kulit? Nyatanya, sinar radiasi pun juga dapat merusak lapisan kulit sehingga berbagai tanda penuaan pun terlihat jelas pada kulit wajah. Kebiasaan buruk yang harus kamu kurangi tentunya seperti membiarkan tidur dekat dengan ponsel atau terlalu berlama-lama di depan layar komputer.

6. Stres

Penyebab penuaan dini pada kulit selanjutnya ialah karena stres yang menyerang. Tak dapat dipungkiri, ketika menghadapi berbagai hal yang membuat diri tak siap dapat membuat rasa stres muncul. Namun, kamu pun harus ingat untuk selalu menjaga kulit agar tetap sehat yaitu salah satu caranya ialah dengan belajar untuk mengontrol rasa stres tersebut serta mencari tahu cara menenangkan diri sendiri.

7. Tak berhenti dari kebiasaan buruk

Nah, penyebab penuaan dini pada kulit yang terakhir ini terlihat jelas karena memiliki efek yang buruk, contohnya seperti terlalu sering mengonsumsi minuman alkohol, sering merokok, dan melakukan berbagai kebiasaan buruk lainnya. Cara satu-satunya untuk mengatasi penyebab penuaan dini pada kulit yang satu ini ialah tentu dengan berhenti untuk melakukannya secara perlahan.

Jadi, buat kamu yang sedang bermasalah dengan berbagai tanda penuaan dini pada kulit, itulah beberapa penyebab penuaan dini pada kulit yang harus kamu ketahui dan hindari serta mulai menggantinya dengan membangun gaya hidup yang sehat. Semoga artikelnya bermanfaat ya!

penuaan dini kesehatan keriput kulit

Loading...

Related Post