Loading...

Advertisement

Selasa, 17 September 2019 08:11 WIB

Ini Alasan Mengapa Harus Berhati-hati dalam Mengomentari Tubuh Seseorang

Melati —Wow
Ini Alasan Mengapa Harus Berhati-hati dalam Mengomentari Tubuh Seseorang
terasjakarta.id


Ladies, pernahkah ada seseorang yang mengomentari tentang tubuh kamu?

Misalnya, ada teman lama yang jarang bertemu dan berkomentar 'wow, kamusekarang gendutan ya?' Atau ada salah satu anggota keluarga yang berucap 'sepertinya sekarang wajahmu banyak jerawatnya'.

Atau justru, kita sendiri yang sering mengomentari tubuh seseorang, baik teman atau keluarga sendiri. Ternyata, tidak semua orang suka dikomentari tentang tubuhnya. Meskipun, komentar tersebut bernada positif.

Psikolog klinis Jessica Zucker, Ph.D., mengatakan, penting sekali untuk berpikir terlebih dahulu sebelum mengomentari bentuk tubuh seseorang, walaupun kita sebenarnya berniat untuk memujinya. Apa alasannya?

"Kita tidak tahu bagaimana perasaan mereka tentang bentuk tubuh, body image atau persepsi mereka terhadap tubuhnya sendiri. Misalnya, bagi seseorang yang mengalami penurunan berat badan drastis, mereka bisa saja tersinggung jika terus-terusan dikomentari," tutur Jessica seperti dikutip Byrdie.

ilustrasi perempuan kesal. Foto: Shutterstock

Jessica melanjutkan, kita tidak tahu apa yang sedang dialami seseorang ketika tubuh mereka berubah. Mungkin penurunan berat badan itu disebabkan karena ia tengah berjuang melawan suatu penyakit. Atau misalnya, wajah penuh jerawat yang dialami seseorang bukan berarti karena ia malas merawat kulit, tetapi efek dari terapi hormon yang dijalaninya.

"Selama mereka tidak bercerita apapun kepada kita, sebaiknya hindari pertanyaan yang sifatnya sensitif," lanjut Jessica lagi.

Lantas, bagaimana cara mengomentari tubuh seseorang yang tepat? Jessica mengatakan hal tersebut mudah dilakukan. Cukup katakan 'kamu terlihat cantik' tanpa ada perkataan lain yang berkaitan tentang bentuk tubuh. Sedangkan untuk Anda yang tidak suka dikomentari, sebisa mungkin, arahkan pembicaraan yang tidak membahas tentang bentuk tubuh.

"Jika Anda merasa tidak nyaman mendapatkan komentar tentang bentuk tubuh, bicaralah pada teman atau minta dukungan dari orang-orang terdekat Anda," tutupnya.

tubuh body shamming



Loading...

Related Post



Comment