Loading...

Advertisement

Inilah 7 Penyebab Syok

Inilah 7 Penyebab Syok
Editor : Melati Wow — Jumat, 20 September 2019 06:01 WIB
terasjakarta.id


Semua orang pasti pernah mendengar istilah medis yang satu ini. Biasa terjadi ketika seseorang mengalami sesuatu yang terjadi secara tiba-tiba, syok merupakan suatu keadaan tubuh dimana terhambatnya pekerjaan sel dan organ tubuh yang disebabkan oleh gangguan pada tekanan darah. 

Seseorang yang mengalami syok biasanya disertai dengan beberapa ciri seperti dada menjadi terasa sesak, kepala menjadi pusing, sulit untuk fokus, sulit untu berbicara, keluarnya keringat, dan wajah pun terlihat pucat. Syok pun memiliki banyak jenis yang tergantung dengan masing-masing penyebabnya. Jadi, oleh karena itu, mari kita bahas 7 penyebab syok yang wajib untuk kamu tahu!

1. Cedera saat beraktivitas

Saat sedang melakukan aktivitas, terutama jenis aktivitas yang cukup berat, tak menutup kemungkinan terjadinya cedera dan tentu saja hal tersebut tak dapat dihindari. Beberapa orang yang mengalami cedera dan mempengaruhi saraf tulang belakang, biasanya dapat menjadi penyebab syok yang paling ringan. 

2. Kecelakaan

Selain cedera, kecelakaan kerap disebut juga sebagai penyebab syok yang paling sering terjadi pada hampir banyak orang. Kecelakaan yang menyebabkan luka yang dalam serta menghabiskan banyak darah dapat menimbulkan rasa syok yang berlebihan pada si penderita. Biasanya untuk kasus yang satu ini dibutuhkan penanganan khusus.

3. Diare

Tak disangka, ternyata diare pun dimasukkan ke dalam kategori penyebab syok. Tentu saja hal tersebut dikarenakan diare dapat menyebabkan seseorang kehilangan banyak cairan pada tubuh dan dapat memiliki pengaruh cukup besar untuk seseorang mengalami syok.

4. Sakit jantung

Selanjutnya, penyebab syok yang paling sering terjadi selain kecelakaan adalah jantung yang bermasalah atau dikenal dengan sakit jantung. Seseorang yang memiliki riwayat penyakit jantung biasanya cenderung mengalami syok saat jantung sedang dalam kondisi tak baik.

5. Terkena gigitan serangga

Mungkin kamu sudah tak asing dengan kelompok serangga yang dapat menyengat seperti semut api, tawon, lebah, dan jenis serangga lainnya. Bagi sebagian orang, gigitan serangga tak dapat disepelekan begitu saja karena bisa menjadi salah satu penyebab syok lho! Untuk itu, selalu sediakan obat salep yang dapat menangani area tubuh yang terkena gigitan serangga agar tak berlanjut syok.

6. Infeksi aliran darah

Ketika tubuh mengalami peradangan yang luar biasa akibat terjadinya infeksi pada bagian alirah darah, tentu saja hal tersebut bisa saja menjadi salah satu penyebab syok. Ciri-ciri yang dirasakan biasanya terjadinya pembengkakan pada organ tubuh tertentu dan harus segera mendapatkan penanganan oleh dokter spesialis.

7. Makanan dan minuman tertentu

Berhati-hatilah dengan asupan makanan dan minuman yang hendak kamu konsumsi, karena bisa saja menjadi penyebab syok yang paling mudah terjadi pada siapapun. Biasanya hal yang satu ini terjadi juga dikarenakan seseorang tak dapat mengonsumsi makanan atau minuman tertentu seperti kerang, kacang, susu, telur, atau asal mengonsumsi jenis obat.

Nah, jadi itu dia beberapa penyebab syok yang menjadi pemicu terbesar seseorang mengalami syok dari mulai yang ringan hingga syok berat. Penanganan paling aman untuk seseorang yang mengalami syok biasanya langsung segera dibawa ke rumah sakit terdekat.

(sumber;popbela.com)

syok penyebab

Loading...

Related Post