Loading...

Advertisement

Kurangi Plastik, Pria ini Ciptakan Sedotan dari Rumput

Kurangi Plastik, Pria ini Ciptakan Sedotan dari Rumput
Editor : Melati Wow — Senin, 23 September 2019 09:07 WIB
terasjakarta.id


Tak diragukan lagi, polusi plastik adalah masalah yang perlu ditangani. Untuk mengatasinya, seorang warga Vietnam berinovasi dengan membuat sedotan biodegradable yang dapat terurai secara alami.

Sedotan biodegradable itu disebut-sebut sebagai salah satu solusi untuk mengasi masalah sampah plastik di dunia.

Tran Minh Tien adalah seorang warga Vietnam yang ada di balik sedotan ramah lingkungan itu. Dia membuat sedotan yang terbuat dari bahan sejenis rumput yang berkembang biak di wilayah Delta Mekong, Vietnam. Rumput itu dikenal dengan nama latin Lepironia articulata.

Hasil gambar untuk Rumput, Bahan Alternatif Pembuat Sedotan ala Vietnam


Mengutip UNILAD, dalam sebuah wawancara dengan VN Express International, Tran menjelaskan proses pembuatan sedotan. Dimulai dengan mengumpulkan rumput, mencuci, hingga memotongnya menjadi sedotan sepanjang 20 sentimeter.

Bagian dalam batang rumput itu kemudian dibersihkan dengan menggunakan alat berbahan logam. Setelah bagian dalam dirasa bersih, sedotan rumput itu dicuci kembali.

Hasil gambar untuk Rumput, Bahan Alternatif Pembuat Sedotan ala Vietnam

Kini, sedotan ramah lingkungan itu telah tersedia untuk publik. Tran menjualnya melalui situs resminya OungHutCo.

Puluhan sedotan diikat menjadi satu dan dibungkus dengan daun pisang. Tran menyediakan dua versi sedotan: segar dan kering. Sedotan versi kering dibuat dengan menjemurnya di bawah sinar matahari selama beberapa hari untuk kemudian dipanggang di dalam oven.

Tran mengatakan sedotan ini dirancang untuk digunakan sekali pakai di sejumlah restoran. Namun, Tran mempersilakan konsumen individu untuk menggunakannya berkali-kali.

"Setelah setiap kali digunakan, bersihkan sedotan dengan air garam dan tiriskan," kata Tran.

earth sedotan plastik

Loading...

Related Post