Loading...

Advertisement

9 Fakta Menarik soal Tubuh Perempuan yang Wajib Diketahui

9 Fakta Menarik soal Tubuh Perempuan yang Wajib Diketahui
Editor : Melati Wow — Kamis, 26 September 2019 17:40 WIB
terasjakarta.id

Meski secara fisik perempuan kadang terlihat lebih lemah dari laki-laki, namun pada kenyataannya tubuh perempuan lebih kuat dari apa yang terlihat.

Hal ini terbukti karena menurut penelitian, ketika melahirkan, perempuan merasakan sakit yang setara dengan sakit yang terjadi saat ada 20 tulang pada tubuh patah secara bersamaan.

Selain itu, otot perempuan juga memiliki kemampuan untuk sembuh lebih cepat ketika mengalami cedera. Dan, tubuh kita, lebih tepatnya alat reproduksi perempuan dapat menjaga sperma untuk bisa bertahan hidup selama lima hari saat berada di dalam rahim.

Agar tidak penasaran dan lebih memahami tubuh kita sendiri, berikut kami telah merangkum sembilan fakta menarik tentang tubuh perempuan seperti dilansir dari berbagai sumber. Apa saja?

Lahir dengan jutaan sel telur namun berkurang seiring bertambahnya usia

Saat masih berusia 20 minggu di dalam rahim, tubuh perempuan sudah membawa 6-7 juta sel telur. Namun seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia, sel telur tersebut secara alami perlahan berkurang.

Ketika baru lahir tubuh perempuan membawa 1-2 juta sel telur. Kemudian, saat memasuki masa puber sel-sel tersebut kembali berkurang menjadi sekitar 40 ribu dan di usia 37 tahun, sel tersebut menjadi 25 ribu.

Menurut penelitian dari American College of Obstetrics and Gynecology, saat memasuki usia 51 tahun dan sudah menopause, sel telur pada perempuan normalnya berjumlah sekitar 1.000.

Ilustrasi vagina. Foto: Shutterstock

Ukuran payudara kanan dan kiri berbeda

Sebagian besar dari Anda mungkin sudah menyadari bahwa payudara kanan dan kiri kita memiliki ukuran yang berbeda. Menurut berbagai riset, perbedaan ini merupakan kondisi yang sangat wajar. Salah satu studi dari Annals of Plastic Surgery menyatakan bahwa kondisi payudara ini terjadi pada 62 persen perempuan. Biasanya bentuk perbedaan tersebut tidak terlihat. Namun riset yang sama mengungkapkan bahwa perbedaannya terlihat jelas pada 10 persen perempuan.

Ada bakteri baik di dalam vagina

Tahukah Anda Ladies bahwa di dalam vagina kita ada bakteri baik bernama lactobacillus dan corynebacterium. Kedua bakteri tersebut bertugas untuk memproduksi antibiotik alami, yaitu bakteriosin yang dapat mengurangi risiko masuknya bakteri jahat lainnya pada vagina.

Kedua bakteri baik tersebut akan tumbuh dengan baik jika kadar pH dalam vagina kita dalam kondisi yang seimbang. Oleh karena itu, kita harus lebih menjaga keseimbangan asam basa pada vagina yang normalnya mencapai angka 3.5 atau 4.5.

Otot perempuan lebih kuat dan cepat melakukan recovery

Secara fisik, laki-laki memang tampak lebih kuat dibandingkan dengan perempuan. Namun di balik itu otot perempuan ternyata lebih kuat daripada laki-laki dan lebih cepat melakukan proses penyembuhan secara alami ketika sedang cedera.

Menurut studi yang dirilis dalam jurnal Dynamic Medicine, Applied Physiology, Nutrition, and Metabolism, meski tidak cepat terbentuk seperti otot laki-laki, otot perempuan tetap memiliki daya tahan dan stamina tinggi.

Ilustrasi olahraga. Foto: Shutterstock

Orgasme dapat meningkatkan antibodi dalam tubuh

Sebuah penelitian di Wilkes University di Pennsylvania menyatakan bahwa perempuan yang mengalami orgasme setidaknya sekali atau dua kali dalam seminggu akan mengalami peningkatan IgA antibodi sebanyak 30 persen. IgA antibodi sendiri adalah sebuah senyawa yang melindungi tubuh ketika baru terpapar virus flu dan demam.

Sperma bisa bertahan hidup selama 5 hari di dalam alat reproduksi

Dalam keadaan normal, sperma bisa hidup selama lima hari di dalam alat reproduksi perempuan. Walaupun ada ribuan sperma yang bisa masuk ke dalam alat reproduksi, untuk bisa hamil hanya dibutuhkan satu sperma terbaik yang akan berhasil membuahi sel telur kita.

Perempuan mengeluarkan darah lebih banyak saat menstruasi

Menurut laporan dasi National Institute of Health, dalam sekali keluar, menstruasi bisa menyebabkan perempuan mengeluarkan darah sebanyak 1.5 gelas tequila shot atau setara dengan empat sendok makan. Meski begitu, tak sedikit perempuan yang mengeluarkan banyak darah daripada hasil penelitian tersebut. Bahkan di hari-hari pertama, kita bisa berganti pembalut berkali-kali karena saking banyaknya darah yang keluar dari vagina.

ilustrasi puting payudara Foto: Unsplash

Selain vagina, payudara juga bisa bikin perempuan orgasme

Tahukah Anda jika perempuan bisa melakukan orgasme hanya dengan disentuh payudaranya? Ya, menurut Dr. Janet Brito, seksolog dan psikolog klinis asal Honolulu, Hawaii, menjelaskan bahwa orgasme payudara adalah pelepasan gairah seksual atau orgasme karena stimulasi yang dilakukan pada area payudara tanpa sama sekali melibatkan stimulasi pada organ genital langsung.

Salah satu faktor yang bisa membuat kita payudara orgasme adalah karena saat terangsang payudara kita menjadi 25 persen lebih besar dari ukuran sebenarnya. Ketika itu terjadi, payudara akan menjadi sangat sensitif. Maka dari itu kenikmatan yang kita rasakan karena orgasme payudara sama dengan saat pasangan melakukan stimulasi pada vagina.

Hal ini terjadi karena stimulasi yang dilakukan payudara mengaktifkan area otak yang sama dengan stimulasi klitoris.

Kram akibat menstruasi mempengaruhi otak kita

Sebagian besar dari perempuan yang sudah menstruasi tentu tahu jika proses peluruhan sel telur dari dinding rahim ini bisa menyebabkan kram luar biasa pada bagian uterus. Namun tak hanya itu, ternyata kram tersebut juga mempengaruhi kerja otak.

Menurut jurnal studi bertajuk Pain, para peneliti menemukan bahwa kram karena menstruasi menyebabkan perhatian perempun terhadap sesuatu menjadi tidak terkontrol, dengan kata lain fokus menjadi terganggu.



kesehatan wanita informasi

Loading...

Related Post