Loading...

Advertisement

Disepelekan, 5 Kebiasaan Sederhana Ini Bisa Mengurangi Risiko Kanker

Disepelekan, 5 Kebiasaan Sederhana Ini Bisa Mengurangi Risiko Kanker
Editor : Melati Wow — Jumat, 27 September 2019 19:18 WIB
terasjakarta.id

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, kanker merupakan penyebab kematian tertinggi kedua di dunia. Pada 2018, tercatat ada 9,6 juta kematian akibat kanker.

Berdasarkan WHO, sekitar sepertiga kematian akibat kanker disebabkan oleh 5 perilaku dan gaya hidup tidak sehat, seperti indeks massa tubuh yang tinggi, rendahnya asupan buah dan sayur, kurangnya aktivitas fisik, penggunaan tembakau, dan alkohol.

Untuk itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara-cara untuk menurunkan risiko kanker. Bahkan cara-cara sederhana seperti di bawah ini yang dilansir dari thehealthsite, tanpa kita sadari bisa menurunkan risiko kanker. Apa saja?

1. Angkat beban

Menurut penelitian baru yang diterbitkan dalam Medicine & Science in Sports & Exercise, angkat beban sebenarnya sangat bermanfaat untuk menurunkan risiko kanker usus. Diungkapkan bahwa orang yang melakukan angkat beban memiliki risiko 25 persen lebih rendah terkena kanker usus besar.

Selain itu, kegiatan ini juga bermanfaat untuk melawan kanker ginjal. Hal ini kemungkinan karena angkat beban membantu meningkatkan keseimbangan antara insulin dan glukosa. Seperti yang diketahui, gula darah tinggi dikaitkan dengan risiko kanker usus yang lebih tinggi.

2. Konsumsi lebih banyak bawang merah dan bawang putih

Kedua bahan makanan ini tidak hanya membuat rasa makanan lebih enak, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan hingga mencegah kanker.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh University of Buffalo dan University of Puerto Rico, konsumsi harian bawang merah dan putih bisa mengurangi risiko kanker payudara hingga 67 persen.

3. Penuhi asupan cairan

Selama ini, dokter menyarankan untuk minum air putih yang cukup. Hal ini ternyata tak hanya bermanfaat untuk mengeluarkan racun dari tubuh, tetapi juga mengeluarkan penyebab kanker melalui urine dan bisa mengurangi risiko kanker kandung kemih.

4. Makan malam lebih awal

Pastikan Anda makan malam setidaknya dua jam sebelum tidur. Hal ini menurunkan risiko terkena kanker payudara dan prostat hingga 20 persen. Alasannya, makanan yang tidak dicerna bisa menganggu kecenderungan sirkadian.

5. Gunakan tabir surya

Terpapar sinar matahari secara langsung dalam waktu yang lama tidak baik untuk kesehatan. Anda bisa menggunakan tabir surya untuk melindungi diri dari sinar matahari dan menurunkan risiko kanker kulit.



kesehatan kulit hidup

Loading...

Related Post