Loading...

Advertisement

Dari Edgy hingga Vogue, Ini Arti 15 Kata Fashion yang Sering Dipakai

Dari Edgy hingga Vogue, Ini Arti 15 Kata Fashion yang Sering Dipakai
Editor : Melati Wow — Selasa, 1 Oktober 2019 16:22 WIB
terasjakarta.id

Berbicara soal fashion memang tidak akan ada habisnya. Selain menjadi topik yang menyenangkan untuk dibahas,fashion merupakan salah satu industri yang luas, rumit, dan juga kompetitif. Tak heran, jika industrifashion terus berkembang di berbagai belahan dunia.

Tentu, membahas fashion seringkali tak luput dari berbagai istilah-istilah tertentu yang familiar didengar, namun asing untuk dipahami. Kesulitan dalam memahami istilah fashion ini kadang kita alami saat hendak membeli sebuah busana, atau membaca deskripsi produk tertentu.

Bagi Anda yang ingin memahami istilah fashion dengan lebih baik lagi, berikut rangkumkan 15 istilah fashion populer beserta artinya. Apa saja? Yuk, simak!

Ilustrasi Fashion. Foto: zhangjin_net/Shutterstock

Activewear

Activewear mengacu pada semua jenis pakaian yang dirancang untuk dikenakan pada aktivitas aktif, seperti olahraga dan aktivitas outdoor. Ragamnya pun bisa bermacam-macam. Mulai dari celana yoga, celana olahraga, celana pendek berenang, jaket lari, dan masih banyak lagi.

Androgynous atau Androgyny

Mungkin Anda sering mendengar istilah 'androgini' atau 'model androgini' dalam industri mode. Ya, definisi androgini sendiri adalah kombinasi dari karakteristik maskulin dan feminin yang tidak ditentukan. Dalam industri mode, tampilan androgini biasanya memiliki ciri-ciri gaya yang berlawanan dari jenis kelamin pemakainya. Misalnya, perempuan yang memakai baju maskulin, dan pria yang mengenakan baju feminin seperti dress.

Apparel

Secara harfiah, apparel adalah kata lain dari pakaian, garmen, atau busana. Istilah ini biasanya dipakai oleh perusahaan pakaian untuk menyebut koleksi atau brand mereka.

Ilustrasi Fashion. Foto: Shutterstock

Asymmetric

Asymmetric atau asimetris adalah antonim dari kata simetris. Dalam duniafashion sendiri, istilah ini biasanya ditemukan pada sebuah busana yang memiliki desain tidak rata atau tidak simetris, mulai dari panjang sebelah, pendek sebelah, berbentuk miring, dan lainnya.

Edgy

Dikutip dari laman Urban Dictionary, secara harfiah,edgy sebenarnya memiliki arti 'berusaha keras untuk tampak keren'. Namun, di dunia mode sendiri, kata ini amat sering dipakai untuk mendeskripsikanstyle seseorang. Biasanya, dipakai untuk menggambarkan gaya berbusana yang'out of the box' dan tak biasa.

Haute Couture

Jika diartikan secara harfiah, Haute Couture memiliki arti seni dari ‘menjahit tingkat tinggi’. Dikutip Vogue, istilah ini juga dilindungi oleh hukum Prancis dan dinaungi oleh organisasi resmi Chambre syndicale de la haute couture. Hanya rumah mode tertentu yang diberikan izin untuk menggunakan istilah Haute Couture ini.

High-end

Secara harfiah,high-end memiliki arti barang-barang dengan harga yang mahal. Di industri mode, istilah'high-end' mengacu pada segmen kelas atas yang tak hanya memiliki harga tinggi, namun datang dari brand atau desainer ternama yang diperhitungkan oleh penggiat dan pelaku fashion.

Biyan S/S 2019 Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan

Monochromatic

Istilah monochromatic atau monokromatis amat sering kita dengar, baik dalam dunia mode atau secara general. Banyak orang berpikir bahwa kata monokromatis mengacu pada warna dasar seperti putih, hitam, atau abu-abu. Padahal, secara harfiah, monokromatis memiliki arti 'satu warna'. Jadi, warna apapun selama tampilan tersebut adalah satu warna, bisa disebut sebagai busana monokromatis.

Pleats

Tren busana dengan unsur 'pleats' tengah populer di duniafashion Indonesia. Sebut saja,pleats skirt, pleats dress, hingga pleats cullotes. Namun, apa sebenarnya makna dari pleats sendiri? Pleats adalah jenis lipatan yang dibentuk dengan 'mendobel' sebuah kain dalam satu jahitan yang sama.

Prêt-à-porter

Prêt-à-porter adalah bahasa Prancis yang memiliki arti langsung 'siap pakai'. Dalam bahasa Inggris, kita sering menemukan istilah ini dengan nama Ready to Wear. Sebuah istilah yang dipakai pada pakaian yang dijual dalam kondisi 'jadi' dengan ukuran standar seperti S, M, L, dan XL.

Ilustrasi Fashion. Foto: Shutterstock

Reversible

Reversible mengacu pada pakaian yang bisa dipakai pada kedua sisi. Busana reversible biasanya ditemukan pada sweater, coat, dan jaket.

Signature

Pernah dengar istilah'signature style'? Secara harfiah, signature memang memiliki arti tanda tangan. Namun, seperti layaknya tanda tangan, di dunia mode, signature mengacu pada sebuahstyle yang merepresentasikan siapa dan gaya seperti apa yang ingin Anda tampilkan. Tentu, signature style setiap orang bisa berbeda-beda, tergantung pada minat masing-masing.

Silhouette

Silhouette atau siluet mengacu pada garis luar (outline) dan bentuk yang dihasilkan pada sebuah busana yang dipakai seseorang. Siluet-siluet populer yang sering digunakan adalah siluet A-line (membentuk seperti huruf A dari pinggul ke bawah), hour glass (membentuk tubuh layaknya jam pasir), dan siluet ball gown (dengan bentuk gaun bawah yang besar dan lebar).

Ilustrasi Fashion. Foto: Shutterstock

Vintage

Vintage dalam dunia mode mengacu pada sebuah busana, tampilan busana, aksesori, garmen, dari masa yang lampau. Istilah vintage sebenarnya memiliki arti luas. Bisa diartikan sebagai baju-baju lama yang sudah ada sejak masa lampau, namun bisa pula diartikan sebagai gaya busana dengan aksen zaman dahulu. Semua tergantung konteks yang akan dipakai.

Vogue

Jika sebagian dari Anda familiar dengan nama Vogue sebagai nama majalah, sebenarnya Vogue memiliki arti yang lebih luas dari sekadar nama sebuah majalah saja. Kata vogue sendiri memiliki arti sebagai tren fashionterkini.

Biyan Spring Summer 2020 The Wonder Garden. Foto: dok. Biyan



fashion model newyork fashion week

Loading...

Related Post