Loading...

Advertisement

5 Makanan Sehari-hari yang Berbahaya Jika Dikonsumsi Secara Rutin

5 Makanan Sehari-hari yang Berbahaya Jika Dikonsumsi Secara Rutin
Editor : Melati Wow — Sabtu, 5 Oktober 2019 17:22 WIB
terasjakarta.id

Sering kali kita menganggap bahwa makanan sehari-hari adalah makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi. Padahal, tak semua makanan yang kita konsumsi sehari-hari bisa mengoptimalkan fungsi tubuh.

Beberapa makanan tersebut mengandung kandungan yang bisa membahayakan kesehatan jika dikonsumsi secara rutin. Lalu, makanan apa yang dimaksud? Berikut ulasannya dibawah ini.

1. Makanan kaleng

Ilustrasi Sarden Foto: Pixabay/lola56

Makanan kaleng seperti tuna, hingga sarden memang praktis dan mudah didapat. Sayangnya, jenis makanan ini tidak mengandung sebagian besar serat dan nutrisi penting bagi tubuh.

Selain itu, makanan kaleng juga mengandung bahan-bahan lain seperti garam, gula, dan perasa buatan yang berbahaya bagi tubuh. Oleh karena itu, batasilah mengonsumsi jenis makanan ini.

2. Mi instan

Ilustrasi Mi Instan Foto: Pixabay/RitaE

Siapa yang bisa menolak kelezatan mi instan? Meskipun enak dan lezat, sayangnya makanan ini tidak baik jika dikonsumsi secara rutin.

Alasannya, karena mi instan mengandung jumlah garam yang tinggi (di dalam bumbu mi instan) yang bisa meningkatkan tekanan darah. Selain itu, mi instan juga mengandung karbohidrat namun tidak menyuplai asupan nutrisi untuk tubuh.

3. Makanan yang dipanggang

Ilustrasi Kue Kering Foto: AS Food studio/Shutterstock

Makanan yang dipanggang seperti kue hingga kue kering juga tidak baik dikonsumsi secara rutin. Alasannya, karena makanan ini mengandung tinggi gula yang tak baik untuk kesehatan.

Tak hanya itu, jenis makanan ini juga tidak mengandung nutrisi sama sekali sehingga tidak memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh.

4. Kentang goreng

Kentang Goreng Foto: thinkstock

Sama seperti mi instan, jenis makanan yang satu ini juga memiliki banyak penggemar di Indonesia. Apalagi jika disantap bersama ayam goreng tepung, kelezatannya seperti berlipat-lipat.

Sayangnya, kentang goreng tak baik jika dikonsumsi secara rutin dan berlebihan. Ini karena proses penggorengannya membuat kentang mengandung kalori yang tinggi, dan membuat kamu cepat mengalami kenaikan berat badan secara drastis.

Selain itu, rutin menyantap makanan yang digoreng juga berpotensi meningkatkan kemungkinan kamu mengalami masalah kesehatan yang cukup serius. Seperti diabetes, penyakit jantung, dan obesitas.

5. Daging olahan

Sosis daging olahan. Foto: Pixabay

Melansir dari kumparan, yang terakhir adalah daging olahan. Jenis makanan ini telah melewati berbagai macam proses pengolahan sehingga kandungan gizinya berkurang. Belum lagi, makanan ini juga mengandung pengawet yang berbahaya bagi kesehatan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Circulation menyebut kebiasaan mengonsumsi daging olahan bisa meningkatkan risiko terkena penyakit jantung, stroke, dan diabetes mellitus.

Sedangkan penelitian yang diterbitkan dalam jurnalNutrition and Cancer, menyebut sering mengonsumsi daging olahan rentan terkena penyakit kanker.

Daging olahan yang dimaksud seperti sosis, nugget, hingga daging asap memang harus dibatasi konsumsinya. Sebagai gantinya, kamu bisa memenuhi kebutuhan protein hewani dari daging sapi, ayam, hingga ikan yang diolah sendiri.



kesehatan tubuh makanan sehari hari

Loading...

Related Post