Loading...

Advertisement

Inilah 6 Cara Memakai Skin Care dengan Tepat

Inilah 6 Cara Memakai Skin Care dengan Tepat
Editor : Melati Wow — Selasa, 8 Oktober 2019 01:16 WIB
terasjakarta.id


Bagi yang mengaku pencinta skin care, sudahkan Anda menggunakan cara yang tepat saat mengaplikasikan produk-produknya?

Sebab, selama ini masih banyak di antara kita yang kerap salah dalam memakai perawatan kulit seperti skin care. Mulai dari mengoleskannya secara asal pada wajah, memakainya secara berlebihan, hingga menggunakannya di waktu yang tidak tepat. Jika Anda termasuk orang yang sembarangan mengaplikasikan skin care, hati-hati ya. Dengan cara yang salah, kulit Anda justru akan mengalami kerusakan seperti cepat keriput, banyak garis halus, dan berjerawat. Anda tentu tidak menginginkannya bukan?

Agar tidak khawatir, berikut enam cara tepat dalam menggunakan skin care seperti serum, toner, krim mata, cleanser hingga sunscreen. Seperti apa? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1.Menepuk skin care berbahan cair pada wajah

Teknik menepuk wajah ini sudah dipraktekkan di Korea dan Jepang sejak dulu. Gerakan menepuk-nepuk wajah dapat membantu kulit untuk bisa menyerap skin care lebih baik. Tepuk wajah dengan lembut namun cepat. Lakukan dari arah bawah ke atas dengan gerakan memutar.

Cara ini dapat membantu mengurangi berbagai masalah kulit seperti kulit keriput atau kerutan halus pada wajah. Teknik ini juga diterapkan oleh Christine Chang, pemilik lini kecantikan Glow Recipe.

2.Menggunakan jari manis untuk mengoles krim mata

Ilustrasi menggunakan eye cream, krim mata Foto: Shutterstock

Area mata merupakan bagian paling sensitif pada wajah. Oleh karena itu kita harus memperhatikan cara merawatnya. Hindari pemakaian krim mata dengan mengoles atau menggosok krim pada area mata. Cara ini bisa membuat area mata lebih cepat keriput dan menyebabkan kantung mata menghitam.

Menurut makeup artist Philip Kwok, penggunaan krim mata yang benar harus ditepuk perlahan dengan jari manis. Sebab jari manis memiliki permukaan yang paling lembut dibanding jari lain maupun telapak tangan.

3.Meratakan sunscreen pada tangan sebelum dioleskan pada wajah

Ilustrasi sunscreen. Foto: Shutterstock

Sebagian dari Anda mungkin sering mengaplikasikan sunscreen atau tabir surya dengan mengoleskannya langsung pada wajah layaknya memakai pelembap. Menurut makeup artist Philip Kwok cara tersebut kurang tepat. Sebab kandungan SPF pada sunscreen memiliki bahan aktif tinggi yang bisa merusak kulit.

Oleh karena itu, sebelum mengoleskan sunscreen pada wajah, ratakan dulu produknya pada telapak tangan agar suhu produknya sesuai dengan suhu tubuh. Lalu tepukkan secara merata ke seluruh area wajah. Cara ini juga berlaku juga untuk penggunaan sunscreen berbentuk spray dan stik.

4.Memakai cleanser saat kulit masih lembap

Ilustrasi membersihkan wajah. Foto: Shutterstock

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan saat Anda menggunakan cleanser. Cara ini bisa disesuaikan dengan jenis cleanser yang dipakai. Jika memakai cleansing gel atau foaming wash, sebaiknya aplikasikan menggunakan tangan pada kulit yang lembap agar formula pembersihnya bisa bekerja secara maksimal.

Sebaliknya, jika Anda menggunakan cleansing lotion, maka aplikasikan produk saat kulit masih dalam keadaan kering agar formulanya tidak rusak karena tercampur dengan air.

5.Mengaplikasikan toner dengan bantuan kapas

Di pasaran, ada beberapa toner yang dikemas dalam botol semprot. Meski begitu, bukan berarti cara penggunaan toner hanya disemprotkan saja pada wajah.

Karena didesain untuk mengangkat sisa-sisa makeup dan kotoran lain yang menempel pada kulit, maka sebaiknya toner digunakan dengan bantuan kapas daripada hanya disemprotkan saja lalu didiamkan pada wajah. Dengan begitu, toner bisa bekerja maksimal mengangkat sisa-sisa kotoran pada kulit. Ingat, meskipun kadang bentuk kemasannya sama dengan face mist, toner memiliki fungsi yang berbeda dengan produk penyegar wajah.

6.Memakai serum dengan menekan telapak tangan ke wajah

Ilustrasi perawatan wajah. Foto: Shutterstock

Seperti yang sudah kita ketahui, serum merupakan salah satu skin care yang cukup berjasa untuk memperbaiki kerusakan kulit. Maka dari itu, kita harus bisa memakainya dengan tepat agar formulanya bisa menyerap dengan baik sampai ke lapisan kulit terdalam.

Menurut para ahli dalam lini kosmetik asal Paris, Clarins, ada tiga cara mudah yang bisa kita lakukan saat memakai serum. Pertama, ratakan produk serum pada telapak tangan agar temperatur produknya sesuai dengan tubuh. Kemudian tekan serumnya menggunakan kedua tangan secara perlahan pada wajah dan leher. Lalu terapkan Pressure Draining Method dari Clarins. Sebuah gerakan menekan tangan tiga kali pada pipi, tiga kali pada dahi, dan lima kali pada area leher.

Dr. Rachel Nazarian di Schweiger Dermatology Group di New York mengatakan, selain membuat serum cepat menyerap, tekanan lembut pada wajah juga dapat membantu menstimulasi sirkulasi limfatik dan membersihkan racun lebih cepat. Tak hanya itu, cara ini jauh lebih baik dibandingkan mengoleskan skin care pada wajah. Sebab cara mengoles justru dapat meningkatkan keriput dan garis halus.

skincare kecantikan wanita

Loading...

Related Post