Loading...

Advertisement

5 Rekomendasi Menu Sarapan Agar Otak Makin Encer

5 Rekomendasi Menu Sarapan Agar Otak Makin Encer
Editor : Melati Top kuliner — Senin, 21 Oktober 2019 08:49 WIB
terasjakarta.id
Bagi sebagian orang, weekdays merupakan hari-hari yang berat. Tak sedikit pula yang akhirnya beraktivitas tanpa fokus dan gairah akibat libur akhir pekan yang terasa sangat singkat.

Padahal, mood yang berantakan tentunya bisa berdampak kurang baik pada pekerjaan. Akibatnya, fokus dan konsentrasi akan mudah pecah sehingga pekerjaan pun jadi lebih sulit diselesaikan.


Tidak perlu pusing, sebab memilih menu sarapan yang tepat bisa jadi alternatif agar tetap fokus meski bad mood datang. Misalnya memperbanyak asupan kaya vitamin B kompleks agar otak tetap encer saat kerja seharian. Atau menyantap makanan yang mengandung Omega 3 dan antioksidan.


Ingin tahu lebih banyak mengenai menu makanan agar pikiran tetap fokus di awal pekan? Ini dia ulasannya:


1. Salmon panggang dengan brokoli


Ikan salmon. Foto: Pixabay
Membuka hari Senin dengan sepiring salmon dan brokoli bisa membuat kita lebih fokus saat bekerja. Sebab, asam lemak Omega-3 di dalam salmon bisa membantu meningkatkan pembentukan sel-sel baru di otak.



Berdasarkan penelitian University of South Dakota School of Medicine, Omega-3 juga akan melancarkan peredaran darah di otak, sehingga konsentrasi tetap terjaga dan tidak mudah lupa.


Di samping itu, bokoli juga tinggi vitamin K, yang bisa mencegah peradangan serta meningkatkan kemampuan mengingat, bahkan di usia senja.


2. Kopi


Ilustrasi latte Foto: Pexels
Tak ada salahnya memulai hari Senin dengan secangkir kopi yang bisa membuat mata kembali segar. Tak hanya itu, kandungan kafein pada kopi juga punya kemampuan menyehatkan otak, lho.


Menurut jurnal Caffeine and Adenosine yang diterbitkan PubMed, kafein akan menghalau senyawa adenosine penyebab kantuk masuk ke otak. Hasilnya, fokus dan konsentrasi pun akan terjaga dari pagi hingga siang.


3. Yoghurt dengan buah beri


Greek yogurt Foto: Dok.pixabay
Ingin sajian simpel tapi bisa meningkatkan kemampuan otak? Perpaduan yoghurt dengan aneka buah beri bisa jadi pilihannya.



Yoghurt tersusun atas probiotik atau bakteri baik yang bisa mempengaruhi hormon yang mengatur suasana hati. Dari jurnal yang diterbitkan Neural Regeneration Research tahun 2014, buah beri juga kaya antioksidan seperti anthocyanin, asam caffeic, catechin, dan quercetin.


Kandungan tersebut dapat memperlancar 'komunikasi' antar sel otak, hingga meningkatkan kemampuan otak dalam mengingat dan menyerap informasi baru.


4. Susu kunyit


Ilustrasi Susu Kunyit Foto: Shutterstock/Alphonsine Sabine
Taburkan beberapa jumput kunyit bubuk ke dalam susu sebagai pembangkit agar otak lebih encer di pagi hari. Kurkumin, salah satu kandungan di dalam kunyit dapat mempercepat pembentukan sel baru di otak.


Kunyit juga bisa jadi obat antidepresan alami, karena kemampuannya merangsang hormon serotonin dan dopamine yang membuat otak lebih rileks.


5. Aneka olahan telur


Ilustrasi Telur Dadar Foto: Shutterstock
Orak-arik, telur mata sapi, atau hanya sekadar telur rebus pun ternyata bisa membantu meningkatkan kesehatan otak.

Beberapa kandungan telur seperti B6, B12, folat, dan coline akan meningkatkan kemampuan otak untuk mengingat. Coline juga bisa menurunkan risiko terkena penyakit yang berhubungan dengan saraf otak.


Jadi, kira-kira sudah tahu kan, besok mau sarapan dengan apa?




makanan sarapan pagi hari

Loading...

Related Post