Tips Menurunkan Berat Badan Dengan Cara Berjalan Kaki! Intip Yuk

Erwan 27 10 18 Sport Style
Tips Menurunkan Berat Badan Dengan Cara Berjalan Kaki! Intip Yuk

foto istimewa

terasjakarta.id - Jalan kaki merupakan olahraga yang sederhana tapi manfaatnya sangat besar. Selain menyehatkan jantung, jalan kaki secara rutin bisa membakar kalori cukup besar sehingga lama-kelamaan berat badan turun. Nah, kalau sudah rutin berjalan kaki tetapi berat badan tidak juga turun, mungkin ada kesalahan yang Anda lakukan. dikutip terasjakarta.id dari woman talk, Personal trainer Chris Kelly, NASM, CPT, CF, LI, membeberkan trik agar jalan kaki lebih cepat menurunkan berat badan.

1. Tambah kecepatan
Perhatikan kecepatan Anda saat berjalan. “High Intensity Interval Training (HIIT) itu sudah terbukti mampu menurunkan berat badan,” kata Kelly. “Berjalanlah lebih cepat untuk jarak pendek, melambat selama beberapa saat untuk memulihkan diri, kemudian ulangi dengan jarak yang diharapkan.” Coba juga buat selingan. Hari ini jalan cepat dengan jarak dekat, esoknya jalan lebih lambat tapi lebih jauh.

2. Tambah jarak atau durasinya
Tiga puluh menit adalah minimum waktu latihan yang disarankan American Heart Association. Kalau tidak dapat berlatih 30 menit, Anda bisa membagi waktu latihan tersebut dalam sehari dan masih bisa mendapatkan manfaatnya. Namun, buatlah 30 menit itu sebagai permulaan, dan tambah durasinya seiring berjalannya waktu.

3. Cari rute dan rintangan yang berbeda
Ini trik khusus agar jalan kaki lebih cepat menurunkan berat badan. Melalui rute yang sama setiap hari membuat tubuh tidak tertantang lagi untuk melakukan sesuatu yang lebih sulit atau lebih berat. Ubah rute Anda, misalnya melalui jalanan yang menanjak selama seminggu. Minggu depannya, lewati rute yang banyak rintangannya. Bonusnya, Anda jadi tidak bosan.

4. Tambahkan beban
Coba bawa dumbbell atau kenakan ankle weight. Menurut American Council on Exercise, memakai ankle weight seberat 500 gram sampai 1,5 kg bisa meningkatkan debar jantung hingga lima detakan per menit. Selain itu juga menambah pembakaran kalori hingga 10%. Ankle weight juga melatih otot-otot bokong, paha depan, dan paha belakang.

5. Tambah variasi gerakan 
Kalau jalan kaki saja kurang menantang, coba tambah dengan beberapa gerakan lunge atau air squat.  Kalau Anda sudah merasa tubuh sudah lebih panas, lakukan burpee, plank, atau push up. Ini bukan hanya akan menambah variasi untuk melatih otot-otot yang berbeda, tetapi juga mencegah Anda cepat bosan kalau hanya berjalan kaki.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan tips agar jalan kaki lebih cepat bikin langsing? Tunggu apalagi, ayo segera dicoba. Semoga bermanfaat. (helida)

Related Post

Comment